bar-merah

Cek Fakta : Beredar akun WA Yannemieke Singal yang meminta uang (modus penipuan)

hoax
Tangkapan layar percakapan akun penipu mengatasnamakan Yannemieke Singal.

ZONAUTARA.com – Kontak Whatsapp atas nama jurnalis perempuan di Sulawesi Utara, Yannemieke Singal atau Yanne digunakan oleh pihak lain pelaku hoax dan penipuan untuk menjerat korban. Modusnya, pelaku mengirim pesan kepada sejumlah orang dengan meminta sejumlah uang seolah-olah sebagai Yanne. Beberapa warga mengaku telah menjadi korban dengan mentransfer sejumlah uang, karena percaya bahwa yang mengirim pesan adalah Yanne.

Benarkah jurnalis muda Yannemeike Singal yang dikenal luas di Sulawesi Utara ini ini meminta uang ?

PENELUSURAN FAKTA

Yanne mengaku kaget saat dihubungi beberapa teman dan saudaranya pada, Sabtu, 30 Maret 2024 sore. Ini terkait dengan pesan teks yang mereka terima mengatasnamakan Yanne dengan meminta sejumlah uang.

Diketahui akun penipu tersebut menggunakan nomor lain, ia kemudian sengaja merubah nama dan foto kontak di aplikasi Whatsapp dengan mengambil beberapa foto dari akun Facebook Yanne.

“Ada nomor lain yang menggunakan foto profil di Facebook saya,” kata Yanne dihubungi, Minggu 31 Maret 2024 pagi.

Selain di aplikasi Whatsapp, untuk meyakinkan korban, pelaku juga menggunakan aplikasi GetContact, dengan mengubah memasang foto dan nama mirip Yannemieke Singal di nomor yang digunakan di WA. Tindakan pelaku ini membuat sejumlah warga percaya.

“Ini sudah ada teman yang transfer uang,” sesal Yanne.

Ia kepada Zonautara.com meminta supaya seluruh masyarakat, teman atau saudara tidak mengirim uang atau permintaan apapun karena itu adalah akun penipuan yang mengatasanamakan dirinya.

“Saya minta jangan ada yang merespon jika ada permintaan uang dari akun yang mengatasnamakan saya karena itu aksi penipu,” ungkapnya.

hoax
Tangkapan layar percakapan akun penipu mengatasnamakan Yannemieke Singal.

TIPS :

  • Jika mendapatkan pesan singkat dari teman, saudara orang tua atau saudara kandung sebisanya untuk mengkonfirmasi kembali dengan cara menghubungi nomor yang tertera dan sebisanya melakukan panggilan telepon, jika tidak direspon maka urungkan niat anda.
  • Selanjutnya jika mentransfer uang yang diminta pastikan nama dan nomor rekening sesuai, jika berbeda dengan permintaan maka lakukan konfirmasi ulang apakah nomor rekening sudah benar.
  • Segera blokir nomor kontak yang dicurigai melakukan modus penipuan. Berikan tag di GetContact, bahwa nomor tersebut adalah penipu.

KESIMPULAN

Foto di akun whatsapp dan GetContact atasanama Yannemieke Singal yang digunakan untuk meminta sejumlah uang, adalah modus penipuan. Yanne tidak pernah meminta dikirimkan sejumlah uang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com