bar-merah

Trump Raup $50 Juta; Perang Dana Kampanye Trump-Biden Memanas

Tim kampanye Donald Trump mengatakan calon presiden Amerika Serikat (AS) itu berhasil meraup lebih dari $50 juta dalam satu acara penggalangan dana pada Sabtu (6/4) di Florida.

Kantor berita AFP melaporkan raupan dana jumbo itu merupakan serangan terbaru dalam pertarungan besar-besaran dan berisiko tinggi dengan petahana Presiden Joe Biden.

Selama berbulan-bulan, mantan presiden dari Partai Republik dan petahana dari Partai Demokrat tersebut, bersaing untuk saling mengalahkan dalam jumlah penggalangan dana kampanye. Mereka saling menyombongkan setiap suntikan dana baru yang signifikan.

Biden, 81 tahun, menaikkan pertaruhannya pada akhir Maret ketika ia menjadi bintang tamu acara besar di New York dengan didampingi oleh mantan presiden Barack Obama dan Bill Clinton. Menurut tim kampanye Biden, acara penggalangan dana itu meraup setidaknya $25.

Namun tim kampanye Trump yang berusia 77 tahun mengatakan bahwa Trump menggandakan angka tersebut pada acara penggalangan dana di rumah miliarder manajer dana lindung nilai (hedge fund) John Paulson di Palm Beach, yang lokasinya tidak jauh dari resor Trump di Mar-a-Lago.

Dalam pernyataan bersama dengan Komite Nasional Partai Republik, Tim Trump mengatakan acara tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari $50,5 juta atau setara 802,33 miliar rupiah. Tim kampanye Trump bahkan menyebut acara Biden minggu lalu di New York tampak “putus asa” jika dibandingkan dengan penggalangan dana Trump.

Mantan Presiden Donald Trump (kanan) dan istrinya Melania Trump (kedua dari kanan) disambut oleh John Paulson (kiri) dan Alina de Almeida dalam acara penggalangan dana, di Palm Beach, Florida, 6 April 2024. (Foto: Lynne Sladky/AP Photo)

Mantan Presiden Donald Trump (kanan) dan istrinya Melania Trump (kedua dari kanan) disambut oleh John Paulson (kiri) dan Alina de Almeida dalam acara penggalangan dana, di Palm Beach, Florida, 6 April 2024. (Foto: Lynne Sladky/AP Photo)

Saat memasuki ruangan acara dengan didampingi istrinya, Melania, Trump berkata: “Ini adalah malam yang luar biasa bahkan sebelum acara dimulai, karena orang-orang — mereka ingin berkontribusi untuk membuat Amerika hebat lagi. Dan itulah yang terjadi.”

Dalam sebuah pernyataan, Paulson mengatakan: “Acara yang laris ini telah mengumpulkan dana terbanyak dalam satu penggalangan dana politik sepanjang sejarah. Dukungan yang luar biasa ini menunjukkan antusiasme terhadap Presiden Trump dan kebijakannya.”

Reuters melaporkan, Minggu (7/4), mengutip dua sumber bahwa Paulson digadang-gadang menjadi calon menteri keuangan oleh Trump.

Daftar tamu dalam penggalangan dana di Palm Beach termasuk pengusaha Robert Bigelow, yang sukses di industri perhotelan sebelum meluncurkan perusahaan penelitian dirgantara, dan John Catsimatidis, pemilik jaringan toko kelontong besar. Keduanya adalah donor utama Partai Republik.

Menurut koran The Washington Post, satu kursi di meja Trump berharga $814.600 atau setara 12,9 miliar rupiah dengan kurs saat ini.

Jumlah yang fantastis itu akan digunakan untuk membiayai perjalanan kampanye para capres, membayar para pembantu mereka, dan membayar jajak pendapatan. Namun pengeluaran terbesar adalah membeli iklan televisi.

Dalam laporan terpisah oleh Reuters, Komite Trump 47 mengatakan dari donasi $814.600 per orang itu disumbangkan oleh para pendonor utama. Dari jumlah tersebut, setiap $6.600 pertama yang disumbangkan oleh donator akan masuk ke kampanye pemilihan presiden Trump.

Saat ini, Biden punya dana kampanye yang lebih besar daripada Trump. Pasalnya Trump menghadapi tumpukan tuntutan hukum akibat berbagai dakwaan pidana. [ft]

Selengkapnya baca di VOA



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com