bar-merah

Cek Fakta : [Hoax] Keterangan Sri Mulyani sedang jelaskan hutang negara saat Sidang Sengketa Pilpres 2024 di MK

sri mulyani
Tangkapan layar salah satu postingan di media sosial Tik Tok hoax tentang keterangan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

ZONAUTARA.com – Pernyataan Menteri Keuangan Republik Indonesia pada sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) menuai kontroversi saat Sri Mulyani menyerang pelapor ketika menjelaskan tentang hutang negara.

“Saya akan menjelaskan sekali lagi mumpung saya ada semangat untuk menjelaskan, supaya pihak bapak tidak menyebarkan hoax dan berpikiran jahat tentang pemerintah dan menambah pengetahuan bapak, semoga penjelasan saya bisa membuka matanya, kupingnya, pikirannya, wawasannya,” ucapan yang seolah-olah keluar dari mulut Sri Muliani, sebagaimana beredar dalam video di media sosial Tik-Tok.

Postingan tersebut di upload akun @getarjagatraya695 dengan judul “Nah buka mata dan kupingnya pak Anis&Ganjar”. Postingan ini saat ditelusuri, Jumat 12 April 2023 sudah di tonton sebanyak 5,8 juta kali dan disukai 245,1 ribu serta dibagikan 19,9 ribu kali.

PENELUSURAN FAKTA

Tim Cek Fakta Zonautara.com mencoba mencari tahu kebenaran video tersebut. Langkah awal adalah dengan melakukan tangkapan layar potongan video yang diupload.

Tangkapan layar tersebut kemudian ditelusuri menggunakan Google Lens. Hasilnya ditemukan beberapa gambar yang berhubungan, salah satunya diposting akun Kompas TV. Ini persis dengan video yang diupload dimana terdapat logo Kompas TV serta tanggal sidang, 5 April 2024.

Tim Cek Fakta Zonautara.com membuka laman Youtube dan menuliskan kata kunsi “pernyataan Menteri Keuangan Sri Muliani di Sidang Sengketa Pilpres di Kompas TV”. Dari penelusuran teresebut ditemukan banyak video serupa yang diupload.

Setelah melakukan penelusuran, ditemukan kesamaan baik gestur tubuh Menteri Keuangan bersama menteri lainnya yang ada di video tersebut, yakni Menko Perekonomiaan Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Tri Rismaharani, maupun orang lain yang nampak.

Video yang sama itu di upload akun Kompas TV Sukabumi pada 6 April 2024 dengan judul “Terungkap! Sri Mulyani Sebut Asal Usul Uang yang Dipakai Jokowi Untuk Bansos” – dan bukan menjelaskan tentang hutang negara.

Video lainnya juga diupload beberapa media diantarnya akun Youtube milik media CNN TV dengan judul “Sri Mulyani Ungkap Sumber Dana Bantuan Masyarakat Jokowi,” di posting pada 5 April 2024. Kompas.com juga mempublish hal yang sama dengan judul “Sri Mulyani Jelaskan Jokowi Gunakan Dana Operasional Presiden Untuk Bagi -Bagi Bansos.”

Sementara untuk suara asli Sri Mulyani diduga dimanipulasi menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang saat ini marak digunakan. Hal ini terdengar dari intonasi maupun cara berucap yang tidak sewajar diucapkan manusia, tetapi cenderung datar tanpa tanda baca.

KESIMPULAN

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Zonautara.com, video yang diupload @getarjagatraya695 dengan judul “Nah buka mata dan kupingnya pak Anis&Ganjar” bukan merupakan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Sidang Sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi.

SUMBER:



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com