bar-merah

Gunung Api Ruang Naik Status Menjadi Level IV Awas

Gunung Api Ruang
Gunung Api Ruang Erupsi pukul 20.15 Wita (Foto PVMBG Tagulandang)

ZONAUTARA.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatan status Gunung Api Ruang, Kab. SITARO, dari level III (SIAGA) menjadi level IV (AWAS) terhitung pada hari ini Rabu (17/4/2024) pada pukul 21.00 Wita.

Status ini juga ditandai dengan meningkatnya ketinggian erupsi Gunung Api Ruang yang mengeluarkan material abu dan disertai hujan batu yang mampu mencapai jarak sekitar 5 kilometer di Pulau Tagulandang.

Tercatat pada hari ini pukul 00.00 sampai 12.00 Wita terjadi Gempa Vulkanik Dalam (VTA) sebanyak 373 kejadian, Gempa Vulkanik Dangkal (VTB) 546 kejadian, Gempa Terasa 2 kejadian dan Gempa Tektonik Lokal 1 kejadian.

Selanjutnya, pada pukul 12.00 sampai 20.15 Wita tercatat Gempa Erupsi 1 Kejadian dan Tremor Vulkanik menerus amplitudo maksimum 50-55 mm.

Masyarakat pun dihimbau untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Serta, diusahakan untuk saat ini agar dapat menggunakan masker disebabkan paparan abu vulkanik dari erupsi yang berlangsung.

Gunung Api Ruang terhitung sejak tanggal (17/4/2024), sudah terjadi 4 kali erupsi mulai dari pukul 01.08 wita dengan ketinggan erupsi diperkirakan mencapai 2,5 kilometer disertai suara gemuruh dan dentuman.

Erupsi kedua terjadi lagi pada pukul 05.05 Wita sore hari dengan ketinggian erupsi 1,8 kilometer dari puncak. Erupsi ketiga terjadi pada pukul 18.00 Wita dengan ketinggian 2.5 kilometer.

Kemudian erupsi keempat terjadi pada pukul 20.15 Wita dengan ketinggian erupsi 3 kilometer di atas puncak gunung Ruang disertai dengan suarah gemuruh dan awan hitam kelabu.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com