bar-merah

FOTO: rumah warga di Desa Pumpente, Pulau Ruang

Foto rumah warga di Desa Pumpente, Pulau Ruang.
Foto rumah warga di Desa Pumpente, Pulau Ruang.

SITARO,ZONAUTARA.com – Warga di Pulau Tagulandang panik akibat diguyur hujan batu. Erupsi Gunung Api Ruang mencapai 3.000 Meter. Badan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) resmi menaikan status aktifitas Gunung Api Ruang dari level III (Siaga) ke Level IV (Awas).

Zonautara.com mendapat sejumlah laporan terkait dengan kepanikan warga. Lewat sejumlah video bereda di media sosial, warga di daerah pesisir Tagulandang saat ini mulai mengevakuasi diri ke daerah tinggi yang dianggap lebih aman.

Dari video beredar sejumlah warga panik setelah terjadi letusan Gunung Api Ruang sekira pukul 20.15 Wita mengeluarkan suara gemuru, dentuman keras serta sinar api hingga kolom erupsi mencapai 3.000 meter, setelahnya warga diguyur hujan batu serta abu vulkanik yang menghantam rumah.

Berikut beberapa foto suasana dan rumah di Desa Pumpente, Pulau Ruang, yang diabadikan reporter Zonautara.com, Gitta Waloni.

Atap rumah di Pumpate yang rusak akibat hantaman batu dari Gunung Ruang.
Tidak ada aktifitas di Desa Pumpate sejak warga meninggalkan rumah mereka, (Foto: Gitta Waloni).
Tampak depan rumah warga yang rusak akibat Gunung Ruang Erupsi.
Opa Dawit (60 tahun) sedang mengangkat barang untuk dibawah pindakan ke pulau Tagulandang.
Opa Dawit (60) warga terakhir yang dilihat di desa ini.


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com