bar-merah

Korea Selatan Protes Persembahan Para Pemimpin Jepang ke Kuil Kontroversial Yasukuni

Korea Selatan, Minggu (21/4), memprotes persembahan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida untuk Kuil Yasukuni di Tokyo dan menyatakan “kekecewaan mendalam” atas langkah itu. Seoul juga mendesak para pemimpin Jepang agar menunjukkan penyesalan atas sejarah perang negara tersebut.

Kuil tersebut dianggap oleh Beijing dan Seoul sebagai lambang dari agresi militer Jepang di masa lalu karena di dalamnya terdapat 14 pemimpin masa perang Jepang di antara 2,5 juta korban perang yang divonis sebagai penjahat perang oleh pengadilan sekutu.

Persembahan-persembahan sebelumnya dari para pemimpin Jepang memicu protes dari kedua negara tersebut.

Kishida dan beberapa anggota kabinet mengirimkan persembahan ritual ke kuil pada Minggu, kantor berita Yonhap melaporkan, mengutip media Jepang.

“Pemerintah menyampaikan kekecewaan dan penyesalan yang mendalam karena para pemimpin Jepang kembali mengirimkan persembahan atau mengunjungi kuil Yasukuni yang mengagungkan perang agresi Jepang dan memuja penjahat perang,” kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Korea Selatan menekankan pentingnya para pemimpin Jepang untuk “menghadapi sejarah dengan jujur dan menunjukkan refleksi yang rendah hati dan pertobatan yang tulus,” yang dianggap sebagai landasan penting untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara, demikian disampaikan oleh Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Seoul tidak menyebutkan nama Kishida.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang belum dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

Hubungan antara kedua negara semakin erat setelah Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menjadikan peningkatan kerja sama keamanan dengan Tokyo dan Washington sebagai prioritas kebijakan luar negeri sejak menjabat pada 2022.

Pekan lalu, para menteri keuangan kedua negara juga bergabung dengan Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam pertemuan trilateral pertama para pejabat tinggi keuangan. [ah/ft]

Selengkapnya baca di VOA



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com