bar-merah

Gunung Ruang turun status jadi siaga

SITARO, ZONAUTARA.com – PVMBG mengumumkan bahwa status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami perubahan dari Level IV Awas menjadi Level III Siaga.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, menjelaskan, “Berdasarkan pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik Gunung Ruang mengalami penurunan, sehingga statusnya turun menjadi Siaga mulai 22 April 2024 pukul 09.00 Wita.”

Menurut Gunawan, bahaya saat ini adalah erupsi skala kecil dengan material erupsi terbatas di sekitar puncak. Material hasil erupsi juga menumpuk di lereng atas bagian timur, berpotensi menyebabkan guguran/longsoran batuan.

Meskipun demikian, pelepasan gas masih mungkin terjadi dengan intensitas yang cenderung menurun sebagai tahap akhir dari erupsi.

Dalam situasi Level III Siaga ini, masyarakat sekitar Gunung Ruang dan pengunjung disarankan untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif.

gunung ruang
Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang pada 17 April 2024 sekitar pukul 19.00 WITA. (Foto kolase dari grup percakapan Info Gunung Api Sitaro dan Facebook Endha Pontoh)

Warga yang tinggal di sekitar Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km diminta untuk dievakuasi ke tempat aman di luar wilayah tersebut.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker guna menghindari dampak abu vulkanik pada sistem pernafasan.

Hendra Gunawan juga menegaskan pentingnya menjaga ketenangan, tidak terpengaruh oleh isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang, dan melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

PVMBG akan terus mengevaluasi tingkat aktivitas Gunung Ruang secara berkala. Gunawan menambahkan bahwa status aktivitas gunung akan tetap pada Level III Siaga jika evaluasi berikutnya tidak mengindikasikan perubahan signifikan dalam aktivitas vulkaniknya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com