bar-merah

Sekda Tomohon Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII

tomohon
Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. (Foto: Kominfo Kota Tomohon)

ZONAUTARA.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, S.E., M.E., menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII di Kota Tomohon. Upacara tersebut digelar di Lapangan Upacara kantor Walikota Tomohon pada Kamis (25/04/2024).

Dalam arahannya Sekretaris Daerah Kota Tomohon, menyampaikan ucapan puji syukur kepada Allah SWT atas Rahmat dan karunia-Nya yang memungkinkan penyelenggaraan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII dengan tema “Otonomi Daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat”.

Edwin Roring menekankan bahwa perjalanan kebijakan Otonomi Daerah selama lebih dari seperempat abad menjadi momentum penting bagi semua pihak untuk mengkaji kembali makna, filosofi, dan tujuan dari otonomi daerah.

Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan serta kepentingan masyarakat setempat dalam sistem negara kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

tomohon
Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. (Foto: Kominfo Kota Tomohon)

Edwin menjelaskan bahwa filosofi otonomi daerah didasarkan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam Pasal 18 UUD 1945. Dari prinsip dasar tersebut, otonomi daerah bertujuan untuk mencapai dua hal utama, yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

Dalam konteks tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan ekonomis bagi masyarakat, dengan menekankan pada kekhasan daerah (endogenous development) dan pemanfaatan sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan (sustainable).

Pembagian urusan pemerintahan antara pusat, provinsi, dan kabupaten/kota menuntut pemerintah daerah untuk mampu mengartikulasikan kepentingan masyarakat dan menerapkan tata kelola pemerintahan yang partisipatif, transparan, akuntabel, dan responsif.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII ini menjadi momentum untuk merenungkan peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan otonomi daerah yang berkelanjutan dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat serta bagi pembangunan nasional secara keseluruhan.

Tomohon
Sumber foto: Kominfo Kota Tomohon.


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com