bar-merah

Antisipasi dampak abu vulkanik, TRC BPBD Bolmong bagi-bagi masker di jalan

Pembagian masker kepada warga yang melintas di wilayah ibu kota kabupaten, khususnya di simpang empat lapangan Daagon Lolak, Selasa, 30 April 2024.

BOLMONG, ZONAUTARA.COM-Tindaklanjut dari penyebaran abu vulkanik dampak dari erupsi Gunungapi Ruang, di Sitaro yang dirasakan hingga ke wilayah Bolaang Mongondow, pemerintah daerah setempat melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong segera mengambil langkah antisipasi.

Langkah ini terwujud dalam bentuk pembagian masker kepada warga yang melintas di wilayah ibu kota kabupaten, khususnya di simpang empat lapangan Daagon Lolak, Selasa, 30 April 2024.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, BPBD Bolmong, menegaskan bahwa saat ini TRC BPBD Bolmong tengah aktif dalam melakukan distribusi masker kepada masyarakat yang melintas di perempatan Lapangan Daagon Lolak.

“Langkah ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengurangi dampak buruk yang mungkin timbul akibat paparan abu vulkanik tersebut,” kata Abdul Muin Paputungan.

Pembagian masker kepada warga yang melintas di wilayah ibu kota kabupaten, khususnya di simpang empat lapangan Daagon Lolak, Selasa, 30 April 2024.

Hal itu juga turut ditanggapi personil Komisi III, DPRD Bolmong, Febrianto Tangahu. Menurut dia, dalam situasi seperti ini, respons cepat dari pihak berwenang sangatlah penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

“Tidak hanya itu, pembagian masker juga menjadi salah satu langkah preventif yang efektif dalam mengurangi risiko masuknya partikel-partikel berbahaya ke dalam saluran pernapasan manusia,” ungkap Tangahu.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan, selain pembagian masker, pemerintah daerah juga diharapkan dapat terus mengupdate informasi terkini kepada masyarakat terkait perkembangan situasi dan langkah-langkah yang harus diambil untuk menghadapi dampak dari penyebaran abu vulkanik ini.

“Pendidikan dan pengetahuan yang tepat akan membantu masyarakat dalam mengambil tindakan yang sesuai demi menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga,” ucapnya.

Oleh karena itu, koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat sangatlah krusial dalam menghadapi situasi darurat semacam ini.

“Dengan langkah-langkah yang tepat dan kerjasama yang solid, diharapkan dampak dari bencana alam seperti ini dapat diminimalkan, serta masyarakat dapat tetap aman dan sehat dalam menghadapinya, ” pungkasnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com