bar-merah

KRI Kakap 811 bantu evakuasi warga korban erupsi Gunung Ruang

ZONAUTARA.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut VIII menurunkan KRI Kakap-811 guna membantu evakuasi warga Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang terdampak erupsi Gunung Api Ruang.

“Langkah evekuasi tersebut dilakukan menyusul erupsi Gunung Api Ruang di wilayah Tagulandang hari ini,” ujar DanLantamal VIII, Laksamana Pertama Nouldy J Tangka.

Gunung Api Ruang di Tagulandang, kembali melontarkan material vulkanik pada Selasa, 30 April 2024. Erupsi tersebut terjadi sekitar pukul 02.35 WITA.

Lontaran material vulkanik yang menurut warga Tagulandang lebih luas dari erupsi sebelumnya, membuat sebagian besar warga panik dan memilih meninggalkan pulau Tagulandang.

“KRI Kakap sudah tiba di Tagulandang, dan kini bertolak kembali ke Bitung pada pukul 20.30 WITA. Perkiraan tiba di Bitung pukul 01.00 dinihari,” jelas Dan Lantamal VIII.

Kapal perang yang diterjunkan TNI AL tersebut membawa sebanyak 123 orang warga Tagulandang yang mengungsi ke Bitung, Manado dan daerah lain di Sulut. Dari 123 orang tersebut terdapat 74 orang perempuan.

Termasuk diantaranya 9 anak kecil berusia dibawah 7 tahun dan 12 orang lanjut usia. Ada 6 orang yang juga sedang sakit.

Warga Tagulandang yang mengungsi ini adalah mereka yang mempunyai keluarga di Manado dan Bitung. Rencananya keluarga mereka akan menjemput begitu KRI merapat.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com