bar-merah

Update erupsi Gunung Ruang 5 April 2024

Warga korban erupsi Gunung Ruang berusaha menyelamatkan barang-barang mereka menggunakan kapal (Foto: ZONAUTARA.com/Yegar Sahaduta)

SITARO, ZONAUTARA.comGunung Ruang, gunungapi tipe strato yang berada di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, kembali mengkhawatirkan dengan meningkatnya aktivitas erupsi pada tanggal 30 April 2024.

Setelah sebelumnya turun dari Level III (Siaga) menjadi Level II (Waspada), kini gunung tersebut telah mencapai Level IV (Awas).

Erupsi terbaru pada tanggal 1 Mei 2024 menunjukkan tinggi kolom abu mencapai sekitar 600 meter di atas puncak gunung dengan arah condong ke utara.

Meskipun jumlah kegempaan sedikit menurun dalam beberapa hari terakhir, asap kawah masih teramati dengan intensitas tebal dan tinggi pada kisaran 100 hingga 500 meter dari puncak kawah.

Warga korban erupsi Gunung Ruang berusaha menyelamatkan barang-barang mereka menggunakan kapal (Foto: ZONAUTARA.com/Yegar Sahaduta)

Gunung Ruang masih terus erupsi, (Foto: ZONAUTARA.com/ Yegar Sahaduta).
Gunung Ruang masih terus erupsi, (Foto: ZONAUTARA.com/ Yegar Sahaduta).

Dalam menghadapi kondisi ini, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan beberapa rekomendasi kepada masyarakat sekitar Gunung Ruang:

  1. Tetap waspada dan hindari memasuki wilayah radius 7 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.
  2. Evakuasi masyarakat yang berada dalam radius 7 km dari pusat kawah aktif ke tempat aman di luar radius tersebut.
  3. Warga di Pulau Tagulandang, terutama yang berada dekat pantai, diminta mewaspadai potensi lontaran batuan pijar dan luruhan awan panas.
  4. Gunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik.
  5. Tetap tenang, beraktivitas seperti biasa, dan ikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia atau website resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.
  6. Koordinasi terus dilakukan antara Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten dengan Pos Pengamatan Gunungapi Ruang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti informasi resmi terkait gunungapi ini karena tingkat aktivitas Gunung Ruang akan terus dievaluasi secara berkala.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com