bar-merah

Basarnas Manado evakuasi turis asal Inggris yang cedera di Gunung Soputan

basarnas manado
Seorang turis asal Inggris harus dievakuasi oleh Tim Basarnas Manado, karena mengalami cidera saat mendaki Gunung Soputan. (Foto: Humas Basarnas Manado)

ZONAUTARA.comBasarnas Manado telah berhasil mengevakuasi seorang turis asal Inggris yang mengalami kecelakaan di Gunung Soputan saat sedang berlibur bersama keluarganya, Jumat (10/5/2024). Richard Wilsan (65 tahun), Lois (64 tahun), dan Ester Wilsan (32 tahun), yang didampingi oleh tiga orang pemandu lokal, tengah mendaki Gunung Soputan saat kejadian itu terjadi.

Mereka telah berhasil mencapai puncak Gunung Soputan dan menggunakan helm untuk perlindungan diri. Namun, saat hendak turun menuju basecamp, Lois terkena reruntuhan batu yang besar sehingga menyebabkan helm yang digunakan pecah dan ia cidera di bagian kepala.

Tim evakuasi dari Basarnas Manadi segera berkoordinasi dengan pemandu lokal untuk memberikan pertolongan pertama.

Kantor Basarnas Manado memobilisasi satu tim dari Pos SAR Amurang untuk melakukan evakuasi korban, mengingat lokasi tersebut lebih dekat dari Gunung Soputan. Setelah tiba di bawah kaki gunung, tim evakuasi berkoordinasi dengan petugas pintu masuk Gunung Soputan untuk memverifikasi keadaan korban.

basarnas manado
Seorang turis asal Inggris harus dievakuasi oleh Tim Basarnas Manado, karena mengalami cidera saat mendaki Gunung Soputan. (Foto: Humas Basarnas Manado)

Proses evakuasi dilakukan dengan hati-hati oleh tim Basarnas yang dibantu oleh pemandu lokal. Sebelum dievakuasi, korban juga diberikan treatment untuk mengurangi rasa sakitnya.

Kepala Kantor Basarnas Manado Monce Brury, menekankan pentingnya penanganan yang hati-hati dalam situasi ini, terutama karena melibatkan seorang turis asing yang berkunjung ke Sulawesi Utara.

Tim Basarnas menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan prima, baik kepada turis asing maupun masyarakat lokal, demi menjaga citra positif dan memberikan pengalaman yang aman bagi para pengunjung. Mereka berjanji untuk terus meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan keselamatan dalam penanganan kejadian di masa mendatang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com