FOTO: Kembali dari pengungsian, warga Desa Laingpatehi berupaya mengambil barang yang masih bisa digunakan

Warga Desa Laingpatehi saling membantu mengangkut barang-barang yang masih bisa digunakan, meski sudah tertutup abu dan material vulkanik. (Foto:Zonautara.com/Marshal Datundugon)

SITARO, ZONAUTARA.COM-Setelah erupsi dahsyat Gunungapi Ruang pada 16 dan 30 April 2024, semua warga Desa Laingpatehi dievakuasi ke daerah yang lebih aman seperti ke Pulau Siau, Manado, Minahasa Utara dan Bitung.

Meski jauh dari desa mereka, rasa cemas dan rindu terhadap rumah membuat beberapa warga bertekad untuk kembali melihat kondisi tempat tinggal mereka. Mereka ingin mengetahui seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan dan jika memungkinkan, menyelamatkan barang-barang yang masih bisa digunakan.

Setibanya di desa, pemandangan yang mereka lihat benar-benar menghancurkan hati. Tim Zonautara.com yang juga datang langsung ke Pulau Ruang, Jumat, 24 Mei 2024 menyaksikan rumah-rumah warga yang pernah menjadi tempat tinggal mereka kini nyaris rata dengan tanah, tertutup abu dan material vulkanik.

Jalan-jalan tertutup puing-puing, dan banyak pohon tumbang. Namun, di tengah kehancuran itu, beberapa warga Laingpatehi berupaya mencari barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Atau minimal sekadar masih bisa digunakan.

Berikut beberapa potret warga yang didokumentasikan langsung oleh tim Zonautara.com saat mendatangi Desa Laingpatehi pada Jumat, 24 Mei 2024:

Sepeda motor milik salah satu warga Desa Laingpatehi yang berhasil dikeluarkan dari timbunan abu dan material vulkanik. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)
Warga juga berupaya menyelamatkan Alkitab dari tumpukan material vulkanik. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)
Peralatan mesin yang masih bisa digunakan juga diangkut dan dibawa keluar dari Pulau Ruang. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)
Kursi dan perabotan rumah yang masih bisa digunakan juga diangkut. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)
Termasuk meja yang masih bisa dugunakan juga dibawa. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)
Bagi ibu-ibu, peralatan dapur yang masih bisa digunakan juga tak luput dari penyelamatan. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)
Salah satu warga tengah sibuk mencari barang-barang yang masih bisa diselamatkan di tengah tumpukan material vulkanik. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)
Dibelakang Reynol Tatemba berdiri itu adalah barang-barang yang berhasil diselamatkan dan dibawa ke pinggir pantai untuk kemudian diangkut menggunakan perahu menuju ke Tagulandang. (Foto: Zonautara.com/Marshal Datundugon)


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com