Biden Harus Segera Putuskan Pencalonannya

Penulis: Redaksi ZU

Tokoh senior Partai Demokrat Nancy Pelosi, Rabu (10/7), mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden harus membuat keputusan segera mengenai upayanya untuk masa jabatan kedua. Namun, Pelosi menekankan bahwa itu akan menjadi keputusan Biden sendiri.

Meskipun Biden bersikeras tetap ikut dalam pencalonan, Pelosi, mantan ketua DPR dan tokoh berpengaruh di Demokrat menyatakan bahwa presiden masih bisa mundur di tengah perpecahan partai mengenai pencalonannya. “Terserah presiden untuk memutuskan apakah dia akan mencalonkan diri,” katanya kepada TV MSNBC.

“Kami semua mendorongnya untuk mengambil keputusan itu segera,” kata Pelosi. Ia menambahkan, “Saya ingin dia melakukan apa pun yang dia putuskan, dan itulah yang terjadi. Apapun yang dia putuskan, kami ikut.”

Biden, 81, telah mendapat dukungan yang sangat dibutuhkan dari beberapa petinggi Partai Demokrat. Namun, sebagian anggota DPR dari fraksi tersebut secara terbuka menyatakan khawatir akan kesehatan mentalnya setelah ia tampil buruk dalam debat bulan lalu melawan Donald Trump.

Tujuh anggota DPR dari fraksi Demokrat secara terbuka meminta Biden tidak mencalonkan diri lagi. Sejumlah senator menyatakan keprihatinan serupa. Selasa malam, Michael Bennett dari Colorado menjadi Senator Demokrat pertama yang secara terbuka menentang presiden. Ia percaya Biden akan kalah jika tetap maju dan mungkin menyebabkan Partai Demokrat kalah juga di Kongres.

“Menurut saya, Donald Trump akan memenangkan pemilu, dan mungkin menang telak, demikian pula Senat dan DPR,” kata Bennett kepada TV CNN. Ia menambahkan bahwa dia yakin Gedung Putih “tidak melakukan apa pun” untuk menunjukkan mereka memiliki rencana untuk menang pemilu pada November nanti. [ka/ab]

Selengkapnya baca di VOA



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
TAGGED:
Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com