BOLAANG UKI, ZONAUTARA.com – Akhir pekan lalu ada 4 pasien positif Covid-19 baru di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Padahal sebelum itu daerah ini sudah dinyatakan zero Covid-19.

Adanya 4 kasus baru itu, menurut Penjabat Bupati Bolsel Praseno Hadi, merupakan sinyal kepada semua pihak bahwa tak ada jaminan daerah yang sudah zero kasus, lalu kemudian tidak akan ada lagi ancaman virus ini.

Praseno meminta warganya tak lengah dan mengabaikan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Tim Gugus Tugas Covid-19 juga dimintanya untuk tetap siaga melakukan pencegahan penyebaran virus di semua wilayah.

“Tim Gugus Tugas harus tetap fokus dalam melakukan tracking kepada warga yang melakukan kontak dengan pasien baru itu. Kemudian warga supaya selalu disiplin dengan protokol kesehatan,” kata Praseno, Selasa (3/11/2020).

Covid-19, lanjut Praseno, bisa datang kapan saja dan menjangkiti warga jika tidak ada kewaspadaan diri.

“Di mana-mana, setiap saat selalu saya minta kita semua patuh dengan 3M (Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Itu saja yang kita jalankan di masa sekarang ini. Tidak sulit,” ajaknya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Bolsel Sadly Mokodongan mengungkapkan, empat kasus baru Covid-19 di Bolsel merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Empat pasien berasal dari Desa Molibagu, Tabilaa dan Helumo. Kondisi mereka baik-baik saja dan sedang menjalani isolasi mandiri,” ucapnya.

Penulis: Rensa Bambuena/ kroniktotabuan.com

Bagikan !