Teladan Toleransi antar Gereja GMIST Mahanaim dan Masjid Al Muqarrabien di Jakarta Utara

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



JAKARTA – Lebih dari 45 tahun, Gereja GMIST Mahanaim dan Masjid Al Muqarrabien di Jakarta Utara sudah saling berdampingan. Rumah ibadah yang terletak di Jalan Enggano, Tanjung Priok, Jakarta Utara ini tetap menjaga keberagaman serta toleransi beragama sampai saat ini.

Kedua rumah ibadah ini hanya dipisahkan sebuah tembok dengan panjang sekitar 6-7 meter dan tinggi tembok sekitar 2 meter. Dengan tinggi pembatas tembok tersebut, antar jemaat gereja dan jamaah masjid bisa saling bercengkrama.

Namun, sebenarnya pembatas tersebut hanya berada di halaman saja. Jika dilihat lebih detail, antar bangunan gereja dan masjid terdapat sebuah ruang sempit yang cukup panjang. Ruang ini tak dibangun pembatas.

Lalu bagaimana kerukunan serta toleransi antar pengurus gereja dan masjid tersebut masih bisa terjaga hingga saat ini?

Pengurus Masjid Al Muqarrabien, M Akbar mengatakan, selama puluhan tahun berdampingan, tak pernah ada gesekan antar jemaat gereja dan jamaah masjid. Umat muslim atau kristen di kawasan itu, lanjut Akbar saling menghormati agama serta cara ibadah masing-masing.

“Kami sudah berdampingan kurang lebih 45 tahun. Kami ikuti ajaran kami yaitu islam, lakum dinukum waliyadin. Islam punya toleransi yang tinggi,” ujar Akbar saat di Masjid Al Muqarrabien, Senin (5/6/2017).

Akbar menyampaikan, menjaga situasi tetap kondusif memang bukan perkara mudah. Baik pihak masjid maupun gereja memang harus tanggap ketika ada isu miring soal agama. Ia menceritakan beberapa tahun lalu ketika ada isu SARA, situasi di kawasan itu memang sempat memanas.

Namun, dengan segera kedua pihak memberikan pengertian kepada masyarakat. Akhirnya isu tersebut bisa diredam.

Akbar menjelaskan toleransi yang terjadi saat ini tak terlepas dari pesan ayahnya yang juga merupakan pendiri masjid, Abdul Azis Hali. Ayahnya, kata Akbar berpesan agar toleransi beragama tetap terus dijaga dan terus diturunkan ke generasi selanjutnya.

Dari sisi kegiatan, pengurus masjid juga memperbolehkan jemaat gereja untuk memarkirkan kendaraannya jika di lahan parkir gereja tak bisa lagi menampung kendaraan.

“Ada kegiatan saling bantu. Jika di dalam lahan untuk tempat parkir penuh, mereka boleh parkir di pekarangan masjid, tidak ada larangan,” ujar Akbar.

Ibu Akbar, Aisyiah menceritakan bahwa untuk menjaga kerukunan, saat masih hidup ayah Akbar meminta agar tidak ada khotbah berbau politik di masjid itu.

“Almarhum minta jangan ada politik-politk di masjid. Ini bukan masjid politik,” ujar Aisyiah.

Merry Dauhan Wakil Sekretaris Gereja Mahanaim mengatakan, toleransi beragama memang sudah ditanamkan sejak lama oleh pengurus gereja kepada jemaat. Meski tak pernah melakukan dialog langsung dengan pengurus Masjid Al Muqarrabien, dari internal gereja telah ditanamkan bahwa hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain harus saling menghormati.

“Generasi pertama yang mendirikan secara turun temurun selalu menghargai walapun ada saudara-saudara yang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mengeksklusifkan diri,” ujar Merry.

“Enggak pernah secara langsung berdialog dengan pengurus masjid. Tapi kami selalu berupaya generasi ke generasi ditanamkan bahwa kami hidup berdampingan,” ujar Merry.

Merry mengatakan, selama puluhan tahun berdampingan, sejumlah cara dilakukan agar kedua umat beragama itu selalu nyaman dengan kondisi yang ada. Misalnya, saat hari-hari besar umat islam seperti Idul Adha atau Idul Fitri.

Jika hari besar jatuh pada Hari Minggu, maka pengurus gereja meniadakan ibadah pagi mereka.

“Kalau jatuhnya Hari Minggu, ibadah jam 06.00 pagi kami tiadakan. Pagi kami beri kesempatan untuk melaksanakan shalat Id. Kami juga menyediakan lahan parkir untuk jamaah masjid,” ujar Merry.

Merry mengatakan, setiap tahun saat bulan puasa, pengurus gereja juga memberikan makanan berbuka puasa kepada jamaah di masjid tersebut. Satu hal yang juga membuat Merry terkesan yaitu saat pengeras suara masjid yang diarahkan menjauhi gereja.

Hal itu, kata Merry memperlihatkan bahwa pengurus masjid menghargai cara ibadah dan keberagaman yang ada.

“Kalau pihak masjid, pengeras suaranya enggak diarahin ke mari, diarahinnya ke terminal,” ujar Merry.

Berita ini sebelumnya telah tayang di Kompas.com, pada 5 Juni 2017.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com