MANADO, ZONAUTARA.com — Isu perbatasan menjadi hangat dalam beberapa pekan terakhir, seiring dengan memanasnya situasi keamanan di Filipina. Hal ini terkait dengan operasi militer yang digencarkan oleh Filipina untuk memberangus kelompok militan di Marawi, Filipina Selatan.

Kelompok militan tersebut ditenggarai berafiliasi dengan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Dibawah komando Isnilon Hapilon, mantan pemimpin Abu Sayyaf. Kelompok Abu Sayyaf dan Maute sudah berbaiat ke ISIS. Mereka melakukan perlawanan saat militer Filipina mencoba menangkapnya pada 23 Mei 2017 lalu

Kekhawatiran akan keamanan di perbatasan merebak karena secara geografis beberapa pulau kecil terluar yang ada di wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara, sangat dekat dengan wilayah yang berkonflik.

Warga mengkhawatirkan kelompok militan yang terdesak akan melarikan diri masuk ke Indonesia melewati pulau-pulau tersebut. Isu ISIS yang selama ini menebar teror di mana-mana menambah kekhawatiran tersebut. Apalagi wilayah-wilayah perbatasan di kawasan Nusa Utara tersebut memang secara tradisional telah menjadi jalur masuknya barang ilegal dari Filipina.

Mengantisipasi kemungkinan tersebut serta meningkatkan kewaspadaan, baik Polri maupun TNI telah mengkonsolidasikan beberapa kekuatannya untuk berjaga di wilayah perbatasan. Pasukan pun dikirimkan dan berpatroli secara rutin.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bahkan mengajak beberapa pejabat dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mengunjungi Miangas, Talaud pada Rabu (31/5/2017).

Daftar Pulau Terluar

Untuk menambah pengetahuan dan informasi mengenai pulau-pulau kecil terluar yang ada di Sulut, ZonaUtara akan menurunkan secara berseri artikel tentang wilayah perbatasan tersebut.

Membuka liputan tematik ini, kami sajikan daftar Pulau Kecil Terluar yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar, yang ditandatangani Presiden Joko Widodo mengatur penetapan 111 pulau-pulau kecil terluar di Indonesia.

Penetapan tersebut berdasarkan pertimbangan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2002 tentang Daftar Koordinat Geografis Titik-Titik Garis Pangkal Kepulauan Indonesia sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 37 Tahun 2008 yang intinya terdapat perubahan jumlah pulau-pulau terluar menjadi 111 pulau.

Seperti yang dikutip di website resmi Setkab, pada saat Keputusan Presiden ini mulai berlaku, menurut Keppres, ketentuan dalam Pasal 1 ayat (2) dan Lampiran Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan”, bunyi pasal 4 Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017 yang ditetapkan pada 2 Maret 2017.

Adapun Pulau Kecil Terluar yang ada di Sulut menjadi 12 pulau, dari sebelumnya 11 pulau. Daftar lengkapnya adalah:

1. Pulau Bongkil (Pulau Bangkit)

Pulau Bongkil atau Pulau Bangkit adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Bongkil ini merupakan bagian dari wilayah kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Gorontalo dengan koordinat 1° 2′52″ LU, 123°6′ 45″ BT.

2. Pulau Mantehage (Pulau Manterawu)

Pulau Manterawu adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Manterawu ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Bunaken dan Kota Manado dengan koordinat 1° 45′ 47″ LU, 124° 43′ 51″ BT.

3. Pulau Makalehi

Pulau Makalehi adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Makalehi ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Pulau ini berada di sebelah barat daya dari Pulau Sangihe dengan koordinat °44′15″LU,125°9′28″BT

4. Pulau Kawaluso

Pulau Kawaluso adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Kawaluso ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4°14′6″ LU, 125° 18′59″ BT.

5. Pulau Kawio

Pulau Kawio adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Mindanao dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Kawio ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4° 40′16″ LU, 125° 25′41″ BT.

6. Pulau Marore

Pulau Marore adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Marore ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4° 44′14″ LU, 125° 28′42″ BT.

7. Pulau Batuwaikang

Pulau Batu Bawaikang adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Batu Bawaikang ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4° 44′46″ LU, 125° 29′24″ BT.

Pulau Batubawaikan merupakan salah satu pulau paling ujung di sebelah utara Sulawesi yang berbatasan langsung dengan Fillipina. Terletak di sebelah utara Pulau Sangihe dan di sebelah timur laut Pulau Marore. Pulau yang berbentuk bongkahan batu menjulang dan ditumbuhi oleh vegetasi ini termasuk dalam gugusan Kepulauan Kawio.

8. Pulau Miangas

Miangas adalah pulau terluar Indonesia yang terletak dekat perbatasan antara Indonesia dengan Filipina. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Miangas adalah salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Nanusa.

Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia sehingga rawan masalah perbatasan, terorisme serta penyelundupan. Pulau ini memiliki luas sekitar 3,15 km². Jarak Pulau Miangas dengan Kecamatan Nanusa adalah sekitar 145 mil, sedangkan jarak ke Filipina hanya 48 mil.

9. Pulau Marampit

Pulau Marampit adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Marampit ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari pulau Talaud dengan koordinat 4° 46′18″ LU, 127° 8′ 32″ BT.

10. Pulau Intata

Pulau Intata adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Intata ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Kakarutan dengan koordinat 4°38′38″ LU, 127°9′49″ BT.

11. Pulau Kakorotan

Pulau Kakorotan adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Kakorotan ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari Pulau Talaud dengan koordinat 4°37′36″ LU, 127°9′53″ BT.

12. Pulau Kabaruan

 

Ikut Liputan Tematik kami tentang Wilayah Perbatasan di Sulawesi Utara.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id