MANADO, ZONAUTARA.com — Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menghangat. Terlebih bagi partai pengusung calon yang akan bertarung pada 2018 nanti.

Sejumlah stakeholder Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sitaro baru saja menemui Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw. Semestinya mereka bermaksud menemui Gubernur Sulut Olly Dondokambey, tetapi Olly tidak berada di Manado.

“Maksud kami menemui pak Olly dan pak Steven untuk menyampaikan keprihatinan kekalahan PDIP di Pilkada Sangihe. Kami tidak mau kekalahan itu terjadi juga di Sitaro,” ujar Piet Hein Sahambangung, Senin (12/6/2017).

Sahambangung bersama beberapa stakeholder lainnya menyambangi Redaksi ZonaUtara, usai bertemu dengan Steven Kandouw.

“Ini harus disampaikan, bahwa jika PDIP ingin menang di Sitaro harus mengusung kader PDIP yang asli dari Sitaro,” tegas Sahambangung.

Para stakeholder ini melihat, ada peluang PDIP Sitaro mengusung kader yang bukan asli dari Sitaro. Calon yang dimaksud adalah istri dari Bupati Sitaro Tonny Supit, Eva Sasingen.

“Apalagi kalau yang kemudian diusung adalah istri bupati saat ini. Itu politik dinasti dan kami menolak Sitaro dipimpin dinasti,” kata Sahambangung.

Menurutnya, Supit selama ini dinilai telah gagal memimpin Sitaro. Beberapa proyek semisal pengerjaan pembangunan Bandara Pihise, pembangunan lapangan olahraga di Tagulandang, kualitas pembangunan jalan di pilau Siau bagian Utara dan dugaan permainan dalam proyek reklamasi Pantai Malele di Siau, menjadi contoh kegagalan Supit.

Sahambangung yang dulunya merupakan juru kampanye Tonny Supit dan Sisca Salindeho sewaktu memenangi Pilkada pada 2013 menegaskan bahwa jika dinasti ini dibiarkan, maka kegagalan-kegagalan itu akan terus berlanjut.

“Sudah waktunya kita memberi kesempatan kepada kader PDIP asli Sitaro. Kami tidak mengusung nama, siapa saja yang penting asli dari Sitaro. Itu yang kami sampaikan tadi ke pak Steven,” jelas Sahambangung.

Beberapa nama dari kader PDIP Sitaro memang telah santer dihembuskan untuk meramaikan bursa Pilkada 2018. Ada nama Sisca Salindeho yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Sitaro. Lalu Djibton Tamudia meski kondisi kesehatan Ketua DPRD Sitaro ini sedang terganggu. Kemudian Ivone Bentelu, Djon Yanis dan Tonny Rawung serta beberapa nama lainnya.

Sementara yang bukan kader PDIP selain Eva Sasingen. ada Jhon Palandung yang kini Asisten 1 Setda Provinsi Sulut juga disebut punya kans menggunakan jalur PDIP, serta beberapa nama populer lainnya.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id