ZONAUTARA.com — Prof Charles Tyler dari Universitas of Exeter di Inggris mengungkap fenomena yang sangat menarik dan mencengangkan. Ikan jantan ternyata bisa berubah menjadi betina, karena terpapar sampah pil KB atau kontrasepsi hormonal.

Penelitian yang dilakukan di Inggris itu mengungkapkan bahwa 20 persen ikan jantan di air tawar menunjukkan karakteristik betina. Ikan-ikan itu tak sekedar berperilaku seperti ikan betina, tetap sebagian diantaranya bahkan sampai memproduksi sel telur.

Penyebab dari fenomena interseks itu diduga berasal dari senyawa mirip esterogen yang ditemukan di saluran pembuangan sampah. Salah satunya sampah pil KB (Keluarga Berencana) yang dibuang sembarangan.

Selain itu, obat-obat penenang atau antidepresan diyakini juga turut memicu perubahan pada ikan-ikan tersebut. Ada sekitar 200 jenis senyawa dalam saluran pembuangan limbah yang diyakini punya efek mirip esterogen, yakni hormon seksual yang dominan pada perempuan.

“Kami mengamati bahwa senyawa-senyawa tersebut bisa memberikan efek kesehatan yang lebih luas dari yang dibayangkan, khususnya pada ikan,” kata Prof Tyler, dikutip dari detik.com, Senin (3/7/2017) sebagaimana yang dilansir inews.co.uk.

Beberapa perubahan yang mengindikasikan fenomena ‘interseks’ dan ‘transgender’ pada ikan antara lain produksi sperma dengan kualitas yang lebih rendah.

Prof Tyler juga mengamati perilaku ikan-ikan jantan tersebut jadi kurang agresif dan kurang kompetitif dalam berebut pasangan ikan betina. (*)

Berita ini sebelumnya sudah tayang di detik.com




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com