bar-merah

DATA: Nilai Tukar Petani Sulawesi Utara Agustus 2017

[visualizer id=”9530″]

 

MANADO, ZONAUTARA.com – Kenaikan biaya produksi dan penambahan barang modal petani dalam mengusahakan komoditi pertanian, menyebabkan Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulawesi Utara pada Agustus 2017 turun sebesar 0,07 persen menjadi 92,26 dari sebelumnya 92,32 pada nulan Juli.

Penurunan juga terlihat dari nilai NTP secara YoY (tahun ke tahun) yang berada pada angka penurunan sebesar 2,31 persen dari sebelumnya 96,93 pada Agustus 2016.

NTP adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani dengan indeks harga yang dibayar petani dan dinyatakan dalam persentase. NTP salah satu indikator untuk melihat tingkat kesejahteraan petani, dengan mengukur kemampuan tukar produk yang dihasilkan/dijual petani dan dibandingkan dengan produk yang dibutuhkan petani, baik untuk proses produksi maupun untuk konsumsi rumah tangga petani. Semakin tinggi NTP maka kemampuan daya beli atau daya tukar (term of trade) relatif lebih baik dan tingkat kehidupan petani juga lebih baik.

 

[visualizer id=”9536″]

 

Sumber data: BPS Provinsi Sulawesi Utara



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com