Gedi, Sayur Yang Populer Di Manado Ini Ternyata Banyak Khasiatnya

Lukman Polimengo
Penulis Lukman Polimengo



MANADO, ZONAUTARA.com – Di Kota Manado, selain bisa diolah sendiri, sayur Gedi juga populer sebagai bahan penting Tinutuan, Bagi sebagian pemerhati kesehatan, Gedi tidak hanya dimanfaatkan untuk membuat masakan saja, akan tetapi juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Khasiat yang terkandung di dalamnya ternyata sangat banyak dan mampu mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat.

Bebera zat yang yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, Kalium, Thiamin Mineral, Asam Folat, Zat Kolagen, Polifenol, dan masih banyak lagi zat lain. Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada di dalam Gedi, maka ketika mengonsumsinya, akan membantu menyehatkan tubuh. Juga akan mencegah potensi berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh kamu.

Untuk cara pengolahannya, selain ditumis dan dijadikan sebagai masakan yang cukup lezat, Gedi juga bisa dibuat seperti minuman teh. Atau bahkan kamu juga bisa membuatnya seperti jus yang dilembutkan dengan menggunakan blender.

Beberapa manfaat Gedi bagi kesehatan antara lain:

Menyehatkan Mata. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang ada di dalam daun Gedi mampu mencegah beragai macam penyakit mata. Daun ini hampir setara dengan wortel yang memiliki kandungan vitamin yang juga cukup tinggi. Sehari sekali akan membuat mata kamu lebih terlihat cerah dan bersinar dan tidak kelihatan layu atau kecoklatan.

Mengobati Maag. Pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur bisa menyebabkan penyakit maag. Dengan mengonsumsi air rebusan atau jus dari daun Gedi. Setidaknya satu kali dalam sehari baik pada malam hari menjelang tidur atau saat pagi hari akan memnyembuhkan penyakit maag kamu.

Mencegah penyakit Kardiovascular. Salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah ini bisa berdampak pada organ tubuh kamu yang lain, misalnya pada jantung. Kandungan seperti flavonoid yang ada di dalam daun Gedi akan memperlancar peredaran darah baik dari jantung dan juga otak.

Menurunkan Kolesterol. Tingkat kolesterol yang cukup tinggi yang ada di dalam tubuh yang biasanya terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh lainnya. Dengan secara teratur mengkonsumsi ekstrak dari daun Gedi ini akan menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kamu.

Menurunkan tekanan Darah Tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa berakibat fatal misalnya seperti serangan stroke. Dengan mengonsumsi ekstrak dari daun Gedi ini akan menurunkan tekanan darah kamu menjadi normal kembali.

Gedi memang sangat memberikan cukup banyak manfaatnya bagi kesehatan. Tak heran jika sering mengonsumsinya, semakin sehat pula tubuh kita.

 

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com