bar-merah

Ini Tips Menyimpan Kue Kering Agar Tahan Lama

ZONAUTARA.com – Menjelang Hari Raya Natal, sebagian umat Kristiani mulai membuat kue kering untuk dinikmati. Agar kue kering tahan lama dan bebas jamur sehingga aman dikonsumsi, maka butuh teknik khusus untuk menyimpannya.

Berikut tips agar kue kering tahan lama, seperti dilansir dari liputan6.com.

1. Dinginkan kue terlebih dahulu

Sebelum dimasukkan ke dalam toples, kue kering yang baru saja matang harus didiamkan dan biarkan hingga dingin terlebih dahulu. Kue kering yang masih panas masih mengandung uap air sehingga akan membuat kue menjadi lembap.

Jika Anda ingin menyimpannya dengan cara menyusunnya secara vertikal, berikan potongan kertas roti di antara kue kering agar terlihat lebih rapi dan terjaga dari benturan.

 

2. Pisahkan jenis kue

Kue kering dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kue kering bertekstur lembut seperti kue nastar dan kue kering bertipe renyah. Simpan kue di tempat terpisah, gunakan toples kaca kedap udara untuk menyimpan kue kering renyah.

Sementara untuk kue kering lembut seperti kue nastar, masih boleh untuk menggunakan wadah dari bahan plastik. Isi hingga hampir penuh.

 

3. Wadah kue dalam keadaan bersih

Pastikan wadah penyimpanan kue dalam keadaan bersih dan terbebas dari sisa kue kering sebelumnya. Jika perlu cuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dan seka dengan lap hingga kering.

 

4. Jaga suhu dalam wadah kue

Agar suhu ruang di dalam wadah tetap terjaga dan terhindar dari udara lembab, Anda bisa menambahkan silica gel yang biasanya dijual dalam kemasan. Atau bisa juga buat sendiri dengan 2 sendok teh garam dapur yang telah dibungkus dengan kertas tisu atau kain bersih.

Tempatkan wadah kue di tempat yang sejuk untuk terhindar dari pancaran sinar matahari secara langsung.

 

5. Masukkan kulkas bila ingin tahan hingga 6 bulan

Jika Anda berencana menggunakan kue kering untuk enam bulan ke depan, Anda bisa menyimpannya ke dalam freezer kulkas. Sebelum dimasukkan, pastikan wadah penyimpanan kue yang digunakan memang khusus untuk diletakkan pada freezer. Pastikan juga agar tertutup rapat sehingga tidak merusak rasa kue dan menghindari tercampur bau bahan makanan lain.

 

6. Bungkus dengan cara kreatif

Apabila kue kering yang Anda buat akan digunakan sebagai hantaran ketika berkunjung ke rumah saudara, Anda tidak harus membungkusnya dengan toples yang berbentuk tradisional. Gunakan cara kreatif seperti membungkusnya dengan bungkus plastik bening, atau kantung pembungkus makanan berwarna coklat. Untuk mempercantik tampilan, tambahkan pita di bagian atasnya.

 

Editor: Eva Aruperes

 



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com