Loading...
Copy

Yuk, Bikin Mie Sehat Dan Bergizi Tinggi

MANADO, ZONAUTARA.com – Membuat mie sendiri kini semakin populer. Apalagi setelah maraknya para produsen mie yang curang dengan menambahkan bahan kimia boraks. Tentu hal tersebut membuat kita khawatir dan banyak yang memilih membuat mie sendiri di rumah.

Apalagi saat ini, beredar surat dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, tentang temuan mie basah yang mengandung zat kimia boraks. Anda yang gemar makan mie, lupakan dulu kekhawatiran soal mie mengandung boraks itu. Mulailah bereksperimen dengan mie olahan sendiri yang dijamin sehat dan aman.

Salah satu yang paling diminati adalah mie hijau berbahan sayuran. Mie ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur
dengan sari-sari sayuran hijau seperti sawi dan kangkung. Selain enak dan penampilannya menarik, mie ini sehat
dikonsumsi karena tanpa bahan pewarna dan pengawet.

Untuk membuat mie hijau, diperlukan bahan pewarna hijau yang bisa kita peroleh dari sawi hijau atau kangkung.
Sementara untuk tepung terigunya, kita memerlukan tepung terigu berprotein tinggi agar hasilnya lebih kenyal dan lentur.

Bahan resep yang diperlukan dalam membuat mie hijau sehat ini adalah, 250 gram tepung terigu berprotein tinggi, dua sendok makan tepung sagu, atau bisa juga diganti dengan tepung tapioka. Selanjutnya 100 gram sawi hijau, atau juga kangkung yang di rajang pendek, satu butir telur dan minyak goreng.

Setelah semua bahan komplit, mulailah dengan mem-blender sawi atau kangkung di campur dua sendok air. Kemudian saring sarinya menggunakan kain bersih. Berikutnya, campur terigu dan tepung sagu, lalu bubuhkan garam.

Langkah berikutnya adalah, uleni adonan menggunakan tangan. Sambil diuleni, tuangkan sari sayuran sawi atau kangkung pada adonan secara bertahap, jangan sekaligus. Uleni adonan hingga menggumpal dan setengah kalis, cirinya yaitu sudah tidak lengket di tangan. Jika sudah tidak lengket, adonan bisa digiling.

Selanjutnya, giling adonan hingga membentuk mie, dan didihkan kedalam air yang sudah dicampur dengan minyak kelapa, dua atau tiga menit kemudian angkat dan tiriskan. Setelah itu tuang satu atau dua sendok makan minyak goreng pada mie tersebut, agar kelembaban mie terjaga dan tidak kering. Setelah itu, silahkan diolah sesuai keinginan kita. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.