Hot Cross Bun, Makanan Wajib Saat Paskah Di Inggris

Rizaly Posumah
Penulis Rizaly Posumah



MANADO, ZONAUTARA.com – Setiap hari raya tentu punya keunikan tersendiri. Entah itu dari segi atribut, hiasan, tradisi, hingga makanan. Begitu juga dengan hari raya Paskah. Sejumlah negara di dunia punya ciri khas masing-masing dalam merayakan Paskah. Namun yang akan diulas kali ini adalah Hot Cross Bun, yaitu roti yang lekat dengan tradisi Paskah di Inggris.

Hot Cross Bun menjadi hidangan yang wajib disajikan pada Minggu Paskah di Inggris. Roti manis ini ditemukan pada abad ke-14 oleh biarawan dari St Albans. Roti tersebut telah menjadi bagian dari perayaan nasional Minggu Paskah sejak masa pemerintahan Ratu Elizabeth I.

Uniknya, roti ini memiliki ukuran tak biasa, yakni tiga kali lebih besar ketimbang roti sejenis pada umumnya. Disebut Hot Cross Bun karena roti ini pada bagian atasnya dicetak lambang salib. Di beberapa toko roti di Indonesia pun anda mudah mendapatkan roti dengan bentuk ini, meski namanya tentu bukan Hot Cross Bun.

Secara tradisional roti ini dimakan pada hari Jumat Agung. Selain dinikmati orang-orang di Inggris, pada saat Paskah roti ini juga dinikmati oleh negara-negara Commonwealth yang kental dengan tradisi Inggris dan negara-negara yang pernah dikuasai oleh Inggris. Seperti Australia, Kepulauan Inggris, Kanada, India, Selandia Baru, Pakistan, Afrika Selatan, dan beberapa bagian dari Amerika.

Sebagai jenis roti manis Hot Bun Cross biasanya menggunakan kismis atau isian didalamnya. Namun di Australia dan Selandia Baru, lebih populer roti bun cokelat atau kopi. Roti ini menggunakan campuran rempah-rempah yang sama, tapi campuran kismis biasanya diganti dengan cokelat chip. Ada juga roti bun dengan taburan buah, kurma atau caramel, begitu juga roti bun mini cokelat dan tradisional.

 

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com