Loading...
Copy

Ini Sosok Perempuan Di Google

MANADO, ZONAUTARA.com – Ada yang berubah dari tampilan Google hari ini, Rabu (4/4/2018). Di atas kotak pencarian Google nampak gambar seorang perempuan lanjut usia.

Dia adalah Maya Angelou, salah satu tokoh besar sastra yang dimiliki Amerika. Terlahir dengan nama Marguite Johnson pada 4 April tahun 1928 di St. Louis, Maya tutup usia umur 86 tahun pada tanggal 28 Mei 2014.

Ia telah menulis banyak puisi dan skenario sepanjang kehidupannya. Selain itu, Maya juga dikenal sebagai orator dan aktris Afrika-Amerika. Pada tahun 1993, Maya menjadi perempuan Afrika-Amerika pertama yang diminta membacakan puisi dalam pelantikan presiden Amerika Serikat.

Kalaitu, di depan Presien Bill Clinton, Maya membacakan puisi karyanya berjudul “On The Pulse Of Morning”. Di tahun yang sama, karyanya ini mendapat Grammy Awards.

Di antara 30 buku yang telah ditulisnya, karyanya yang paling terkenal adalah autobiografi I Know Why the Caged Bird Sings, yang diterbitkan pada tahun 1969. Buku ini adalah satu dari tujuh autobiografi yang menelusuri kehidupannya mulai dari masa kecil yang penuh penyiksaan dan penindasan di Amerika Serikat bagian selatan di tahun 1930-an.

Ia telah memenangkan banyak penghargaan dan menerima penghormatan dari Penghargaan Buku Nasional, atas jasa-jasanya untuk komunitas literatur. Pada tahun 2011, ia menerima Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi untuk warga sipil. Di tahun 2013, ia menerima penghargaan kehormatan dari Badan Buku Nasional.

Berikut lima nasehat bijak dari Maya Angelou sebagaimana yang dilansir dari laman BBC Indonesia.

Tentang manusia

“Saya belajar, bahwa orang akan melupakan apa yang Anda katakan, orang akan melupakan apa yang Anda lakukan, tapi orang tidak akan melupakan bagaimana perasaan mereka terhadap Anda.”

Tentang sikap

“Apa yang harus Anda lakukan ketika Anda tidak menyukai sesuatu adalah mengubahnya. Jika Anda tidak bisa mengubahnya, ubah cara Anda berpikir tentangnya. Jangan mengeluh.” -Dari buku Wouldn’t Take Nothing for My Journey Now

Tentang sukses

“Sukses adalah menyukai diri Anda, menyukai apa yang Anda lakukan dan menyukai bagaimana Anda melakukannya.”

Tentang cinta

“Jangan pernah menjadikan seseorang sebagai prioritas Anda, jika bagi mereka, Anda hanyalah pilihan.”

Tentang ambisi

“Hasrat untuk meraih bintang itu ambisius, hasrat untuk meraih hati itu bijaksana.”

 

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.