Ini Cara Membedakan Sepatu Bermerek Dengan KW

Rizaly Posumah
Penulis Rizaly Posumah



MANADO, ZONAUTARA.com Di Indonesia, termasuk Kota Manado, banyak sekali beredar sepatu bermerek yang bukan produk asli alias KW atau replika. Converse dan Nike adalah merek sepatu yang sering dipalsukan. Jika tak hati-hati, maka bisa saja sepatu yang Anda gunakan merupakan produk KW. Apalagi sekarang, banyak produk KW dari dua merek sepatu ini yang hampir menyerupai kualitas original.

Terkait sepatu merek palsu, baru-baru ini Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manado menyita sebanyak 1.492 pasang sepatu Nike dan Converse yang diduga palsu, yang tersebar di tujuh toko di Kota Manado. Bersamaan dengan itu, tujuh orang yang diduga sebagai pelaku pun ikut diboyong ke Markas Polresta Manado.

Tak tanggung-tanggung, akibat ulah para pelaku yang melakukan perbuatan Tindak Pidana Merek ini, dua perusahaan CV Nike Invante dan Converse Inc, yang berada di bawah naungan Nike Inc Amerika, rugi hingga Rp1 miliar.

Dari peristiwa ini, yang rugi bukan cuma pihak perusahaan, Anda juga pasti rugi. Berikut beberapa cara untuk membedakan mana sepatu asli dan KW dilansir dari www.sepatupro.com

1. Memastikan kondisi sepatu secara langsung

Memastikan kondisi sepatu apabila Anda membelinya secara langsung. Ini biasanya sangat mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang memang memiliki beberapa sepatu original dari dua merek ini. Anda bisa dengan mudah membedakan sepatu sebelumnya dengan yang dibeli. Misalnya, karet sole-nya, kualitas bordir detail jahitan dan dari bahannya.

Sepatu yang original biasanya jika dilihat lebih lembut dan memiliki warna yang sedikit kelabu atau soft dan bukan warna yang mencolok seperti yang KW. Terutama jika bahan yang digunakan untuk sepatu asli adalah kulit, sedangkan KW terbanyak menggunakan bahan baku pleather. Di samping itu, midsole pada sepatu yang asli akan memiliki beberapa titik yang terlihat lebih kasar, keras, dan kaku. Tidak seperti halnya sepatu KW.

Yang terakhir, Anda bisa memeriksa bagian tali. Untuk sepatu yang palsu akan memiliki kualitas tali yang buruk dan seperti tali sepatu yang dijual di pasaran dan terlihat sangat terang. Di samping itu, lubang tali pada sepatu yang palsu akan tidak simetris dan terlihat berantakan.

2. Memastikan pada box sepatu

Ingat, sepatu yang asli pasti dilengkapi dengan box sepatunya dan bahkan box dari sepatu juga original. Berbeda dengan sepatu palsu, di mana tidak memiliki box sepatu dan biasanya hanya dibungkus dengan plastik.

Pada umumnya, box yang digunakan pada sepatu yang palsu memiliki bahan yang tipis dan print dari barcodenya tidak jelas dan terlihat hanya menempel saja.

3. Mencoba langsung sepatu yang akan Anda beli

Ini bisa dilihat dari kenyamanan Anda saat menggunakan. Pada umumnya, sepatu palsu akan terasa lebih kaku dan keras saat digunakan. Sementara yang asli saat digunakan akan terasa lebih ringan, empuk dan juga fleksibel.

Anda juga bisa membawa size chart dari sepatu yang asli dan bandingkan dengan size chart sepatu yang palsu. Tentu anda harus memastikannya apakah size chart yang digunakan sesuai dengan chart UK, ER, US atau CM nya.

4. Memeriksa SKU pada box sepatu dengan SKU di dalam sepatu

Untuk satu pasang sepatu yang asli akan memiliki nomor SKU yang terdapat dalam sepatu dan juga nomor SKU yang terdapat pada box sepatu. Nomor SKU pada kedua tempat tersebut biasanya sama. Berbeda dengan sepatu yang palsu yang memiliki nomor SKU yang tidak sesuai dengan nomor SKU pada box sepatu.

 

Sekilas Tentang Nike dan Converse

Nike adalah salah satu brand besar yang sudah banyak orang yang tahu. Merupakan brand sneaker atau sepatu yang paling banyak diminati saat ini. Hal inilah yang banyak memicu banyaknya oknum yang menggunakan brand Nike untuk dipalsukan. Cina yang merupakan basis produksi Nike yang terbesar banyak memproduksi Nike asli, tetapi banyak juga produksi di Cina yang juga memproduksi sepatu Nike yang KW atau replika.

Sementara, Converse merupakan merek sepatu yang berasal dari Amerika Serikat, dengan produk unggulannya adalah Chuck Taylor dan all star. Generasi 1970-an menyebut sepatu ini dengan sebutan warior atau new basket, karena memang sepatu ini di zamannya dipakai anak sekolah atau pemain basket. Sejak tahun 2003, Converse dibeli oleh Nike. Jadi, sekarang Converse adalah bagian dari Nike Inc Amerika. Karena cukup terkenal dan diminati banyak kalangan baik tua maupun muda, dua merek sepatu ini sering dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com