Connect with us

ZONAPEDIA

Ini Cara Membedakan Sepatu Bermerek Dengan KW

Published

on

Ilustrasi sepatu converse (Foto: www.miami.com)

MANADO, ZONAUTARA.com Di Indonesia, termasuk Kota Manado, banyak sekali beredar sepatu bermerek yang bukan produk asli alias KW atau replika. Converse dan Nike adalah merek sepatu yang sering dipalsukan. Jika tak hati-hati, maka bisa saja sepatu yang Anda gunakan merupakan produk KW. Apalagi sekarang, banyak produk KW dari dua merek sepatu ini yang hampir menyerupai kualitas original.

Terkait sepatu merek palsu, baru-baru ini Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manado menyita sebanyak 1.492 pasang sepatu Nike dan Converse yang diduga palsu, yang tersebar di tujuh toko di Kota Manado. Bersamaan dengan itu, tujuh orang yang diduga sebagai pelaku pun ikut diboyong ke Markas Polresta Manado.

Tak tanggung-tanggung, akibat ulah para pelaku yang melakukan perbuatan Tindak Pidana Merek ini, dua perusahaan CV Nike Invante dan Converse Inc, yang berada di bawah naungan Nike Inc Amerika, rugi hingga Rp1 miliar.

Dari peristiwa ini, yang rugi bukan cuma pihak perusahaan, Anda juga pasti rugi. Berikut beberapa cara untuk membedakan mana sepatu asli dan KW dilansir dari www.sepatupro.com

1. Memastikan kondisi sepatu secara langsung

Memastikan kondisi sepatu apabila Anda membelinya secara langsung. Ini biasanya sangat mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang memang memiliki beberapa sepatu original dari dua merek ini. Anda bisa dengan mudah membedakan sepatu sebelumnya dengan yang dibeli. Misalnya, karet sole-nya, kualitas bordir detail jahitan dan dari bahannya.

Sepatu yang original biasanya jika dilihat lebih lembut dan memiliki warna yang sedikit kelabu atau soft dan bukan warna yang mencolok seperti yang KW. Terutama jika bahan yang digunakan untuk sepatu asli adalah kulit, sedangkan KW terbanyak menggunakan bahan baku pleather. Di samping itu, midsole pada sepatu yang asli akan memiliki beberapa titik yang terlihat lebih kasar, keras, dan kaku. Tidak seperti halnya sepatu KW.

Yang terakhir, Anda bisa memeriksa bagian tali. Untuk sepatu yang palsu akan memiliki kualitas tali yang buruk dan seperti tali sepatu yang dijual di pasaran dan terlihat sangat terang. Di samping itu, lubang tali pada sepatu yang palsu akan tidak simetris dan terlihat berantakan.

2. Memastikan pada box sepatu

Ingat, sepatu yang asli pasti dilengkapi dengan box sepatunya dan bahkan box dari sepatu juga original. Berbeda dengan sepatu palsu, di mana tidak memiliki box sepatu dan biasanya hanya dibungkus dengan plastik.

Pada umumnya, box yang digunakan pada sepatu yang palsu memiliki bahan yang tipis dan print dari barcodenya tidak jelas dan terlihat hanya menempel saja.

3. Mencoba langsung sepatu yang akan Anda beli

Ini bisa dilihat dari kenyamanan Anda saat menggunakan. Pada umumnya, sepatu palsu akan terasa lebih kaku dan keras saat digunakan. Sementara yang asli saat digunakan akan terasa lebih ringan, empuk dan juga fleksibel.

Anda juga bisa membawa size chart dari sepatu yang asli dan bandingkan dengan size chart sepatu yang palsu. Tentu anda harus memastikannya apakah size chart yang digunakan sesuai dengan chart UK, ER, US atau CM nya.

4. Memeriksa SKU pada box sepatu dengan SKU di dalam sepatu

Untuk satu pasang sepatu yang asli akan memiliki nomor SKU yang terdapat dalam sepatu dan juga nomor SKU yang terdapat pada box sepatu. Nomor SKU pada kedua tempat tersebut biasanya sama. Berbeda dengan sepatu yang palsu yang memiliki nomor SKU yang tidak sesuai dengan nomor SKU pada box sepatu.

 

Sekilas Tentang Nike dan Converse

Nike adalah salah satu brand besar yang sudah banyak orang yang tahu. Merupakan brand sneaker atau sepatu yang paling banyak diminati saat ini. Hal inilah yang banyak memicu banyaknya oknum yang menggunakan brand Nike untuk dipalsukan. Cina yang merupakan basis produksi Nike yang terbesar banyak memproduksi Nike asli, tetapi banyak juga produksi di Cina yang juga memproduksi sepatu Nike yang KW atau replika.

Sementara, Converse merupakan merek sepatu yang berasal dari Amerika Serikat, dengan produk unggulannya adalah Chuck Taylor dan all star. Generasi 1970-an menyebut sepatu ini dengan sebutan warior atau new basket, karena memang sepatu ini di zamannya dipakai anak sekolah atau pemain basket. Sejak tahun 2003, Converse dibeli oleh Nike. Jadi, sekarang Converse adalah bagian dari Nike Inc Amerika. Karena cukup terkenal dan diminati banyak kalangan baik tua maupun muda, dua merek sepatu ini sering dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

 

Editor: Eva Aruperes

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Pahami ritme alami jam kerja organ tubuh, dan rasakan keajaibannya!

Tahukah anda kapan waktunya jantung melakukan pembersihan? Simak artikel ini.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pexels.

MANADO, ZONAUTARA.com – Kita tahu bahwa tubuh, pikiran, dan emosi kita berubah dari waktu ke waktu. Setiap organ tubuh manusia unik dan mempunyai waktunya sendiri untuk memberikan keajaiban kepada kita.

Tahukah kamu, mengapa kita cenderung mengantuk di waktu yang sama setiap harinya? Hal itu bukan semata-mata karena kebiasaan yang kita buat. Tapi ternyata, organ tubuh manusia memiliki jam kerja biologis yang dikenal sebagai ritme sirkadian.

Ritme jam kerja organ tubuh manusia bekerja mengikuti setiap aktivitas fisik maupun mental dalam siklus 24 jam yang dipengaruhi oleh sistem saraf suprachiasmatic dan kondisi cahaya di lingkungan sekitar kita.

Tanpa disadari hal telah ikut serta dalam menentukan waktu tidur, produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Berikut ini adalah jam kerja organ tubuh sesuai jam biologisnya:

Jam 05.00-07.00: usus besar

Ini adalah waktu yang optimal bagi tubuh untuk mengeluarkan isi perutnya dan memberikan ruang bagi asupan nutrisi di hari baru. Dianjurkan untuk minum segelas jus lemon hangat untuk merangsang usus, membuat sistem getah bening bergerak dan untuk menghilangkan racun dari pembersihan malam hari.

Jam 07.00-09.00: perut

Pada jam ini perut membutuhkan energi sehingga penting untuk adanya asupan makanan bagi tubuh, agar pencernaan lebih optimal.

Makan besar di pagi hari membuat gula darah merata, suasana hati Anda akan lebih stabil, dan memberi Anda stamina untuk tidak hanya menjalani hari, tetapi untuk menikmati hari.

Sama seperti pepatah Cina kuno, “makan sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti orang miskin.”

Jam 09.00-11.00: pankreas/limpa

Perut meneruskan isinya, lalu enzim dari pankreas melanjutkan proses pencernaan dan energi karbohidrat pun tersedia. Ini juga merupakan waktu yang bisa untuk makan makanan besar.

Jam 11.00-13.00: jantung

Pada waktu ini makanan yang dimakan akan memasuki aliran darah, dan jantung memompa nutrisi ke seluruh sistem dan mengambil kebutuhan lipidnya. Ini adalah waktu yang tepat untuk Anda beraktifitas dan menyelesaikan sesuatu.

Jam 13.00-15.00: usus kecil

Selang waktu ini merupakan jam kerja organ usus kecil dalam hal memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan. Jadi pastikan Anda sudah makan sebelum pukul 14.00.

Jam 15.00-17.00: kandung kemih

Ini adalah jam kerja dari organ kandung kemih, di mana organ ini menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Jam 17.00-19.00: ginjal

Setiap waktu ini ginjal manusia dalam kondisi yang kuat. Pada ginjal terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Dan jam ini merupakan jam terbaikmu untuk belajar.

Jam 19.00-23.00: selaput jantung

Kali ini adalah jam kerja selaput jantung (pericardium), di mana pada jam ini juga disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan apapun karena pada jam ini organ lambung tidak melakukan aktifitasnya dalam mengolah makanan.

Dan ini adalah waktu yang tepat untuk istirahat agar memulihkan energi tubuh.

Jam 23.00-01.00: kandung empedu

Pada jam ini pembersihan awal semua jaringan, lalu memproses kolesterol, dan meningkatkan fungsi otak.

Jam 01.00-03.00: hati

Hati dalam kondisi kuat pada pukul ini dan terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh serta terjadinya regenerasi sel. Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi Anda harus tidur pada jam ini.

Jam 03.00-05.00: paru-paru

Pada waktu ini di dalam paru-paru terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran. Jika Anda sering batuk, bersin berkeringat pada jam ini berarti paru-paru Anda sedang kotor.

Pertahankan keseimbangan ritme alami di atas dalam keseharian Anda. Dan makanlah makanan sehat dan seimbang untuk mendukung kerja organ tubuh. Dan rasakan kesehatan sebagai suatu keajaiban yang bisa Anda terima.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com