Eman Dorong Camat dan Lurah Genjot Realisasi PBB

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



TOMOHON, ZONAUTARA.com Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rekonsiliasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB- P2) Kota Tomohon Tahun 2018, di Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan, Kamis (30/8/2018).

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Gerardus Mogi dalam laporannya mengawali kegiatan ini mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersbeut adalah untuk mengevaluasi realisasi PBB-P2 di tiap kelurahan.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghimpun informasi dan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan, maupun keluhan yang disampaikan masyarakat, dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis satu unit komputer kepada kelurahan se-Kota Tomohon,” ujar Mogi.

Sementara itu, Eman dalam sambutannya mengatakan, bahwa sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, maka daerah telah diberikan kewenangan untuk memungut pajak (taxing power) yang salah satunya adalah PBB-P2.

“PPB-P2 ini sebelumnya merupakan pajak pusat, yang sejak tahun 2014 telah dialihkan menjadi pajak daerah kabupaten/kota,” kata Eman.

Menurut dia, melihat data yang ada dari total penetapan PBB-P2 sebesar Rp7.836.804.989, sampai dengan data terakhir per tanggal 28 Agustus 2018, yang telah terealisasi adalah Rp2.263.419.481,atau sekitar 28,88%, dengan data pencapaian realisasi secara presentasi yang tertinggi ada di Kecamatan Tomohon Tengah, yaitu sebesar 34,62%.

“Untuk itu saya meminta perhatian para Camat dan Lurah, mengingat jatuh tempo pembayaran pajak PBB adalah pada tanggal 30 september 2018 yang artinya waktunya tinggal satu bulan ke depan. Diperlukan kerja yang maksimal dari seluruh stakeholder yang ada, serta keseriusan kita semua sehingga target pencapaian Pendapatan Asli Daerah melalui PBB-P2 dapat kita capai karena pajak ini merupakan pendapatan daerah ‘dari kita dan untuk kita’,” ujarnya.

Usai sambutan, Eman pun menyerahkan secara simbolis satu unit komputer kepada para Lurah se-Kota Tomohon.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) H.V. Lolowang, jajaran Pemkot Tomohon, serta para Lurah se-Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com