Connect with us

Zona Tomohon

Kalesaran: Kolongan Satu Seperti Anak Ajaib

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah menggelar Perayaan Syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10, yang dirangkaikan dengan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, di kantor Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah, Rabu (29/8/2018).

Perayaan Syukur yang dihadiri ratusan masyarakat di lima lingkungan di Kelurahan Kolongan Kolongan Satu tersebut pun diawali dengan Ibadah Oikumene yang dipimpin Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Tomohon Pastor Barto Mewengkang Pr, dan Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat Elim Kolongan Pendeta Meidy Mengko-Umboh S.Th.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Ronald Kalesaran, serta Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi hadir dalam perayaan syukur tersebut.

Dalam sambutannya, Kalesaran mengapresiasi, terobosan-terobosan yang telah dilakukan oleh Kelurahan Kolongan Satu, walaupun masih berusia 10 tahun.

“Kalau diibaratkan, Kelurahan Kolongan Satu ini masih kecil, masih anak-anak karena masih berusia 10 tahun. Tapi, walaupun masih berusia 10 tahun, sudah banyak terobosan yang dilakukan. Jadi, Kelurahan Kolongan Satu ini seperti anak ajaib,” ujar Kalesaran.

Dia pun berharap, agar Kelurahan Kolongan Satu ini terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan berkontribusi dalam perkembangan Kota Tomohon.

“Saya mewakili Bapak Wali Kota dan Ibu Wakil Wali Kota mengucapkan selamat kepada masyarakta dan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu. Semoga Kelurahan ini bisa terus berkembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan (Lurah) Kelurahan Kolongan Satu Jones A Mait dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi masyarakat Kelurahan Kolongan Satu yang terus mendukung pemerintah melaksanakan program-program yang telah direncakan.

“Kami masih terus berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk memajukan Kelurahan Kolongan Satu yang sama-sama kita cintai ini,” ungkapnya Mait yang didampingi Ketua TP PKK Yuliana Asaad, sembari meneriakkan mottonya, yakni Kolongan Satu Berkeringat, Kolongan Satu Pasti Jaya.

Perayaan syukur tersebut pun dilanjutkan dengan lomba dansa tradisional, pengumuman dan penyerahan hadiah lomba-lomba yang telah dilaksanakan, serta pencabutan kupon berhadiah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut para mantan Lurah Kelurahan Kolongan Satu, Ketua DPC LPM Kecamatan Tomohon Tengah, Staf Ahli Wali Kota Tomohon Mariam Rau dan Ketua LPM Kolongan Satu Welly Wenur.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Pendapatan pajak naik signifikan, KPK akui inovasi BPKPD Tomohon

Published

on

Tim Korsupgah KPK saat melakukan peninjauan di salah satu Restoran di Tomohon. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Keberhasilan dalam menggenjot penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pajak galian C berhasil dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD).

Di mana, pendapatan pajak galian C di Kota Tomohon mengalami kenaikan yang signifikan di tahun 2019 ini. Hal itu pun terjadi karena adanya inovasi-inovasi yang dilakukan oleh instansi yang dipimpin Gerardus E Mogi selaku Kepala Badan (Kaban) ini.

Keberhasilan ini pun diakui oleh Tim Koordinator Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang mengunjungi Kota Tomohon, Kamis (14/11/2019).

Salah satu Tim Korsupgah Irawati mengatakan, pihaknya mengapresiasi Kota Tomohon karena mampu berinovasi di sektor pendapatan pajak galian C, berupa pemasangan pos-pos di wilayah galian C.

“Kota Tomohon mampu mendapatkan pendapatan daerah dari pajak galian C hingga Rp1 miliar lebih. Ini artinya ada inovasi dari pemerintah daerah dan mereka komit,” ujar Irawati di sela-sela peninjauan lapangan di Lemongrass Café Woloan.

Menurut dia, hal ini patut dicontohi oleh daerah-daerah lain yang memiliki potensi tambang yang luar biasa.

“Kemarin saya ke Boltim, Bolsel. Ini luar biasa potensi tambang dari tambang. Dengan adanya komitmen dari seluruh SKPD, khususnya galian C, ya harus ada inovasi seperti ini.

Dia menjelaskan, kebocoran-kebocoran di sektor pajak akan mampu diatasi jika ada inovasi-inovasi.

“Jadi sekarang kita dorong inovasi daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak.

“Salah satunya, kami bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya KPK untuk mengoptimalkan pendapatan daerah,” katanya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com