Connect with us

Penerimaan CPNS 2018

Ini Cara Mendaftar Lowongan CPNS 2018

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Berbeda dengan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun sebelumnya, pemerintah menerapkan sistem baru dalam rekrutmen CPNS tahun 2018.

Keputusan itu diambil pada Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan CPNS oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis, (6/9/2018).

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana yang juga merupakan Ketua Pelaksana Seleksi Nasioanl CPNS mengatakan, bahwa tahun ini seleksi CPNS akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran lain melalui portal mandiri oleh instansi.

Namun website http://sscn.bkn.go.id itu belum bisa diakses sekarang, sebab menunggu tim SSCN BKN selesai menginput seluruh formasi.

“Dengan demikian web sscn.bkn.go.id akan difungsikan setelah semua K/L/D memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran. Proses ini akan memakan waktu sampai dengan 18 September 2018,” jelas Bima.

Bima menyampaikan bahwa pihaknya berharap seluruh instansi penerima CPNS 2018 agar memberikan persyaratan yang wajar dan tidak menyusahkan para pelamar. Menurutnya, persyaratan seperti akreditasi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus disesuaikan dengan indeks prestasi di masing-masing daerah.

Pemerintah akan membuka 238.015 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terdiri dari 51.271 formasi instansi pusat di 76 Kementerian/lembaga dan 186.744 di 525 instansi daerah pada Rabu 19 September 2018.

Bima menyampaikan proses seleksi CPNS 2018 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Untuk lokasi tes, BKN telah menyiapkan 176 tempat tes yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Editor: Ronny Adolof Buol

Penerimaan CPNS 2018

54 Peserta CPNS Tomohon Lulus Tes CAT

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Sebanyak 54 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Tomohon lulus dalam Tes Computer Assisted Tes (CAT), yang digelar di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XI Manado, sejak Kamis hingga Minggu (8-11/11/2018). Dua di antaranya pun merupakan peserta kategori penyandang disabilitas.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu mengatakan, dari total 2.320 peserta yang lulus dalam seleksi administrasi, sebanyak 2.255 peserta telah menjalani tes CAT, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Kompentensi Dasar (TKD).

Adapun Passing Grade dari masing-masing tes, yakni TWK berjumlah 75, TIU berjumlah 80 dan TKP berjumlah 143.

Menurut dia, ada sebanyak 65 peserta yang tidak mengikuti tahapan tes CAT tersebut.

“Tes CAT ini sudah terlaksana dengan baik. Walaupun hasilnya sangat sedikit, tapi kami bersyukur yang lulus Passing Grade sebanyak 54 peserta. Dua di antaranya merupakan peserta disabilitas, yakni guru matematika SMP dan Auditor Inspektorat,” ujar Pontonuwu, di kantor BKPPD Tomohon, Senin (12/11/2018).

Dia menjelaskan, hasil tersebut pun telah dilaporkan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon. Pihaknya pun, kata Pontonuwu, akan menyiapkan usulan formasi untuk memenuhi formasi yang telah tersedia tersebut.

“Kita akan menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat, apakah nanti akan ada kebijakan yang akan diatur oleh pemerintah pusat. Tapi kami juga akan menyiapkan usulan. Usulan kami adalah kami akan mengupayakan formasi yang sudah tersedia itu terpenuhi,” jelasnya.

Alasannya, lanjut Pontonuwu, sudah dianggarkannya gaji dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, serta juga sudah dianggarkannya kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan atau latihan dasar (latsar).

Dia menambahkan, pihaknya pun masih akan melakukan identifikasi terhadap hasil CAT tersebut, untuk mengetahui di formasi mana saja para peserta yang lulus dalam tes tersebut.

Diketahui, sebanyak 253 formasi CPNS tersedia di Kota Tomohon. Ratusan formasi tersebut pun terdiri 36 tenaga guru, 167 tenaga kesehatan dan 50 tenaga teknis.

 

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com