Connect with us

Zona Tomohon

Ini Yang Diprioritaskan Pemkot Tomohon Pada Penyusunan KUA PPAS 2019

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman membuka Pembukaan Kegiatan Penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2019, di Mercure Manado Beach Resort, Kamis (5/9/2018).

Eman dalam sambutannya mengatakan, KUA-PPAS adalah dokumen anggaran yang digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan APBD.

Menurut dia, KUA adalah dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode 1 tahun.

Dia menjelaskan, ada beberapa poin penting terkait penyusunan KUA-PPAS tahun 2019, yaitu mengakomodir kenaikan gaji ASN sebesar 5%, penguatan TIFF 2019, penguatan infrastruktur RSU Daerah dengan membangun fasilitas masyarakat, yaitu terminal dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon.

“Prioritas pembangun yang dimaksud adalah kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pengangguran, permasalahan sosial dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, pelestarian SDA dan lingkungan hidup, penanggulangan bencana dan penataan ruang, pariwisata dan budaya serta pembangunan infrastruktur,” ujar Eman.

Kemudian, lanjut dia, melakukan penguatan dalam bidang olahraga untuk menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi.

“Dengan adanya proyeksi kenaikan jumlah APBD, sehingga pada setiap perangkat daerah mengalami kenaikan PAGU anggaran, serta Ranperda tentang APBD 2019 diwajibkan rampung paling lambat satu bulan sebelum dimulainya tahun anggaran 2019,” pungkasnya.

Tampak hadir Asisten Umum Corry Caroles, Asisten Perekonomian Max Mentu, Asisten Kesejahteraan Rakyat Octavianus DS Mandagi, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Bidik WBBM, begini pesan Kajati untuk personel Kejari Tomohon

Published

on

Kajati dan rombongan saat tiba di Kejari Tomohon. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONUATARA.com Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) Andi Muh. Iqbal Arief mengunjungi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon, Rabu (3/6/2020).

Kunjungan Kajati yang didampingi Wakil Kajati (Wakajati) A. Dita Prawitaningsih bersama para Koordinator itupun disambut langsung Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Immanuel Richendry Hot dan jajaran.

Kajari melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen James Pade membenarkan kunjungan kerja Kajati dan rombongan tersebut.

Pade mengatakan, kunjungan Kajati itu dalam rangka memantau kesiapan Kejari Tomohon sebagai Kawasan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tahun 2020.

“Saat tiba, Bapak Kajati bersama rombongan langsung melakukan pemeriksaan ke setiap ruangan yang ada di Kejari Tomohon,” ujarnya.

Kajati bersama jajaran pejabat Kejati Sulut dan jajaran Kejari Tomohon. (Foto: Istimewa)

Menurut Pade, pemantauan yang dilakukan oleh Kajati, yakni kelengkapan administrasi, Standar Operasional Prosedur (SOP), fasilitas ruangan dan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang terkait dengan peningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Tomohon.

Usai peninjauan, lanjut Pade, Kajati melakukan briefing terkait dengan persiapan Kejari Tomohon dalam meraih predikat WBBM.

“Bapak Kajati berpesan agar dapat meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Tomohon, mengingat untuk mencapai predikat WBBM harus sudah ada peningkatan dari pelayanan Kejari Tomohon saat memperoleh predikat WBK pada tahun 2019,” tuturnya.

Pade menambahkan, Kejari Tomohon saat ini terus berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Tomohon yang membutuhkan pelayanan di institusinya tersebut.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com