bar-merah

Ini Yang Diprioritaskan Pemkot Tomohon Pada Penyusunan KUA PPAS 2019

TOMOHON, ZONAUTARA.com Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman membuka Pembukaan Kegiatan Penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2019, di Mercure Manado Beach Resort, Kamis (5/9/2018).

Eman dalam sambutannya mengatakan, KUA-PPAS adalah dokumen anggaran yang digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan APBD.

Menurut dia, KUA adalah dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode 1 tahun.

Dia menjelaskan, ada beberapa poin penting terkait penyusunan KUA-PPAS tahun 2019, yaitu mengakomodir kenaikan gaji ASN sebesar 5%, penguatan TIFF 2019, penguatan infrastruktur RSU Daerah dengan membangun fasilitas masyarakat, yaitu terminal dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon.

“Prioritas pembangun yang dimaksud adalah kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pengangguran, permasalahan sosial dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, pelestarian SDA dan lingkungan hidup, penanggulangan bencana dan penataan ruang, pariwisata dan budaya serta pembangunan infrastruktur,” ujar Eman.

Kemudian, lanjut dia, melakukan penguatan dalam bidang olahraga untuk menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi.

“Dengan adanya proyeksi kenaikan jumlah APBD, sehingga pada setiap perangkat daerah mengalami kenaikan PAGU anggaran, serta Ranperda tentang APBD 2019 diwajibkan rampung paling lambat satu bulan sebelum dimulainya tahun anggaran 2019,” pungkasnya.

Tampak hadir Asisten Umum Corry Caroles, Asisten Perekonomian Max Mentu, Asisten Kesejahteraan Rakyat Octavianus DS Mandagi, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com