Desa Talaitat Utara Bangun Embung Desa

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



MINSEL, ZONAUTARA.com Guna meningkatkan pendapatan dan sebagai sarana tempat permandian bagi masyarkat, pemerintah Desa Talaitat Utara, Kecamatan Suluun Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, membuat embung desa berupa kolam.

Kepala Desa Talaitat Utara Nixon Rorong mengatakan, dibangunnya sarana embung desa tersebut selain untuk meningkatkan pendapatan asli Desa Talaitat Utara, juga untuk meningkatkan sektor pariwisata.

“Anggaran pembuatan embung desa ini dari APBN Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi dengan jumlah Rp270 juta,” terang Rorong, Kamis (6/9/2018).

Selain itu, lanjut dia, kolam tersebut pun turut membantu masyarakat yang memiliki lahan untuk persawahan dan kolam ikan.

“Masyarakat yang memiliki lahan yang ada di sekitar embung desa ini bisa memanfaatkan airnya untuk pertanian padi dan kolam ikan,” jelasnya.

Untuk sumber air, kata dia, diambil dari sumber mata air, sehingga rencana ke depan, air tersebut akan menjadi sarana air bersih untuk masyarakat.

“Ke depan, mata air ini juga akan disambung pipa ke desa sebagai sumber air bersih,” pungkasnya. (K-08)

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com