Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Wakil Rakyat

Wenny Lumentut Hormati Putusan MA Soal Eks Napi Boleh Nyaleg

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut merespon baik putusan Mahkamah Agung (MA) terkait bakal calon legislatif (bacaleg) dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari kalangan mantan narapidana korupsi.

“Mari kita hormati keputusan Mahkamah Agung yang barusan keluar. Kerena apa? Yang dicalonkan itu kan jelas-jelas hak politiknya tidak dicabut oleh pengadilan. Dengan kasarnya, saya mengatakan bahwa tidak menjamin orang yang baik-baik masuk DPR keluarnya baik-baik. Tergantung masing-masing orang,” kata Lumentut, Sabtu (15/9/2018).

Yang jelas, lanjut Lumentut, negara ini menuju arah perbaikan.

“Ya, kita hormati yang sudah diputuskan Mahkamah Agung. Bagi mereka yang lolos karena putusan ini, kami wanti-wanti kalau boleh menjaga diri, integritas dijaga, agar tidak masuk di lubang yang sama. Keledai saja tidak mau masuk ke lubang yang sama untuk kedua kalinya. Apalagi ini manusia,” harapnya.

Wakil Ketua DPRD Sulut ini menilai, jika sampai kembali terjadi, bukan main malunya ini.

“Malu segala-galanya. Oleh sebab itu, tolong hal ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, bagi mereka yang lolos dengan aturan atau putusan Mahkamah Agung ini,” ungkap Lumentut.

Dirinya menyebutkan, memang ada satu orang yang dicalokan Gerindra dan masuk dalam aturan yang baru diputuskan MA.

“Tapi kami rasa itu kecil. Kami mencalonkan yang bersangkutan karena kami melihat hak politiknya tidak dicabut pengadilan. Itu saja prinsip kami. Dan orang ini jelas-jelas memiliki niat baik lagi untuk berkiprah di dunia politik,” tandas Lumentut.

Sekadar informasi, MA pada putusannya Kamis (13/9/2018) membatalkan pasal 4 ayat (3) dan Pasal 7 huruf g Peraturan KPU (PKPU) No. 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/Kota, serta pasal 60 huruf j PKPU Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD. (K-02)

 

Editor : Christo Senduk

KABAR SULUT

Empat calon Anggota DPD ini melaju ke Senayan

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.comEmpat nama calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dipastikan melenggang mulus ke Senayan Jakarta.

Keempat nama tersebut, yakni Cherish Harriette, Maya Rumantir, Djafar Alkatiri dan Stefanus BAN Liow.Keempatnya pun dipastikan duduk sebagai Anggota DPD RI periode 2019-2024 yang mewakili Bumi Nyiur Melambai.

Hal ini pun berdasarkan data yang dihimpun dari hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota.

Hingga Jumat (3/5/2019) siang, Cherish Harriette telah mengantongi sebanyak 175.484 suara dan menempati urutan pertama.

Posisi kedua ditempati Maya Rumantir dengan perolehan suara sebanyak 149.140 suara.

Kemudian di urutan tiga ada Djafar Alkatiri dengan raihan suara sebanyak 133.767.

Sementara untuk posisi keempat ditempati Stefanus BAN Liow yang merupakan Anggota DPD RI aktif dengan perolehan suara sebanyak 122.958.

Untuk posisi kelima RM Luntungan sebanyak 105.712 suara dan urutan keenam HWB Sumakul dengan 87.842 suara.

Tim Data SBANL Venko Sewow dan Maikel Salaki mengatakan, transparansi sangat terasa pada perhelatan Pemilu serentak 2019.

Pasalnya, potensi kecurangan bisa diminimalisir dengan bisa diaksesnya C1 secara langsung oleh publik.

“Selain itu, pihak penyelenggara KPU dan Bawaslu sampai di jajaran terdepan yakni desa/kelurahan dan TPS melaksanakan tugas dengan segala baik dalam menyelenggara pesta demokrasi, bahkan banyak jatuh korban sakit sampai meninggal dunia,” ungkap keduanya.

Mereka pun memberikan apresiasi kepada para penyelenggara pemilu dengan dibantu personel dari TNI dan Polri.

“Namun begitu, keputusan final perolehan suara harus menunggu penetapan KPU sesuai tingkatan,” pungkas Venko dan Maikel.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending