Connect with us

Zona Wakil Rakyat

Wenny Lumentut Hormati Putusan MA Soal Eks Napi Boleh Nyaleg

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut merespon baik putusan Mahkamah Agung (MA) terkait bakal calon legislatif (bacaleg) dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari kalangan mantan narapidana korupsi.

“Mari kita hormati keputusan Mahkamah Agung yang barusan keluar. Kerena apa? Yang dicalonkan itu kan jelas-jelas hak politiknya tidak dicabut oleh pengadilan. Dengan kasarnya, saya mengatakan bahwa tidak menjamin orang yang baik-baik masuk DPR keluarnya baik-baik. Tergantung masing-masing orang,” kata Lumentut, Sabtu (15/9/2018).

Yang jelas, lanjut Lumentut, negara ini menuju arah perbaikan.

“Ya, kita hormati yang sudah diputuskan Mahkamah Agung. Bagi mereka yang lolos karena putusan ini, kami wanti-wanti kalau boleh menjaga diri, integritas dijaga, agar tidak masuk di lubang yang sama. Keledai saja tidak mau masuk ke lubang yang sama untuk kedua kalinya. Apalagi ini manusia,” harapnya.

Wakil Ketua DPRD Sulut ini menilai, jika sampai kembali terjadi, bukan main malunya ini.

“Malu segala-galanya. Oleh sebab itu, tolong hal ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, bagi mereka yang lolos dengan aturan atau putusan Mahkamah Agung ini,” ungkap Lumentut.

Dirinya menyebutkan, memang ada satu orang yang dicalokan Gerindra dan masuk dalam aturan yang baru diputuskan MA.

“Tapi kami rasa itu kecil. Kami mencalonkan yang bersangkutan karena kami melihat hak politiknya tidak dicabut pengadilan. Itu saja prinsip kami. Dan orang ini jelas-jelas memiliki niat baik lagi untuk berkiprah di dunia politik,” tandas Lumentut.

Sekadar informasi, MA pada putusannya Kamis (13/9/2018) membatalkan pasal 4 ayat (3) dan Pasal 7 huruf g Peraturan KPU (PKPU) No. 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/Kota, serta pasal 60 huruf j PKPU Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD. (K-02)

 

Editor : Christo Senduk

KABAR SULUT

Lumentut sebut TIFF harus berdampak bagi masyarakat

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.comWakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019.

Namun begitu, Lumentut berharap, perhelatan TIFF diharapkan bisa memberikan dampak postif bagi kesejahteraan masyarakat.

Artinya, kata dia, TIFF jangan hanya menjadi gelaran seremonial dan menghabiskan anggaran, serta tidak berdampak baik kepada masyarakat Kota Tomohon.

“Jadi, saya harapkan itu berdampak baik bagi masyarakat Kota Tomohon dan dapat memberi peningkatan pendapatan kepada masyarakat,” ujarnya, Senin (5/8/2019).

Menurut Lumentut, TIFF merupakan salah satu program yang dapat menunjang pariwisata, selain itu bisa mendatangkan turis-turis.

Ke depan, legislator Dapil Minahasa-Tomohon ini mengusulkan kepada wali kota kalau bisa dibuat seperti di Bali.

Misalnya, lanjut dia, TIFF berikutnya ada penilaian taman-taman dari rumah masyarakat dan diberi hadiah. Kalau anggaran TIFF Rp 1 miliar, hadia per satu rumah Rp 10 juta, jelas ada 100 rumah di Kota Tomohon yang dinilai dan mendapatkan juara.

“Kalau semua masyarakat Tomohon membuat taman di depan rumah yang bagus, ini betul-betul menjadi kota bunga. Biar Tomohon betul-betul nampak kota bunga dan bukan karena TIFF baru kelihatan bunga,” kata Wenny. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com