Loading...
Copy

Ayo Daftar! Dapatkan Beasiswa Pelatihan Digital Dari Kominfo

MANADO, ZONAUTARA.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan lima universitas negeri di Indonesia menggelar program beasiswa pendidikan non-gelar.

Program itu diberi nama “Digitial Talent Scholarship 2018”, yang ikut didukung oleh Microsoft Indonesia selaku penerbit sertifikat keahlian sesuai dengan masing-masing tema pelatihan.

Pendaftaran untuk mengajukan diri sebagai penerima berasiswa ini sudah dimulai hari ini, Senin (17/9/2018). Bagi yang berminat bisa mendaftar lewat website yang disediakan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo, di https://digitalent.kominfo.go.id/

Untuk gelombang pertama ini, Kominfo menyediakan 1000 penerima beasiswa untuk 5 tema pelatihan. Pendaftaran dibuka hingga 5 Oktober 2018 nanti.

Target pemerintah akan memberikan beasiswa pelatihan digital kepada 20.000 orang hingga tahun 2019 nanti.

Adapun tema pelatihannya adalah:

  • ARTIFICIAL INTELLIGENCE: AI atau Kecerdasan Buatan didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah, diantaranya: sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.
  • BIG DATA: Big Data atau Mahadata adalah himpunan data dalam jumlah sangat besar yang bertumbuh secara eksponensial dalam kecepatan tinggi dengan variasi tak terbatas.
  • CYBERSECURITY: Cybersecurity atau Keamanan Komputer adalah perlindungan terhadap sistem komputer dari tindakan atau gangguan yang dapat merusak hardware, software, dan data.
  • CLOUD COMPUTING: Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan teknologi berbasis Internet (awan).
  • DIGITAL BUSINESS: Digital Business atau Bisnis Digital merupakan proses perancangan, peluncuran, dan pengelolaan sebuah bisnis dalam bentuk digital.

Para pendaftar yang terpilih akan belajar di lima universitas yang bekerjasama dengan Kominfo, yakni:

  • INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG: Tema pelatihan Cybersecurity dan Cloud Computing.
  • INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER: Tema pelatihan Big Data dan Artificial Intelligence.
  • UNIVERSITAS GADJAH MADA: Tema pelatihan Big Data dan Artificial Intelligence.
  • UNIVERSITAS INDONESIA: Tema pelatihan Cybersecurity dan Cloud Computing.
  • UNIVERSITAS PADJADJARAN: Tema pelatihan Digital Business.

Pendaftar adalah warga negara Indonesia dengan batasan umur 33 tahun, lulusan SMK bidang Teknik Informasi dan Komputer, D-3, S-1, PNS, TNI, Polri maupun pelaku indutsri.

Bagi yang lulus seleksi administrasi dan tes kemampuan dasar akan menerima fasilitas berupa bebas biaya pendidikan, sertifikat pelatihan, kesempatan magang, kesempatan pelatihan lanjutan, perlengkapan pelatihan dan uang transport.

Pengumuman hasil seleksi dibuka pada 9 Oktober dan masa studi dimulai 15 Oktober hingga 7 Desember 2018.

Ayo, gunakan kesempatan yang baik ini.

 

Editor: Ronny Adolof Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.