Pameran Pembangunan Sulut Penuh Bising Suara Musik

Penulis: Rahadih Gedoan
Suasana stand pameran SMK Negeri 4 Manado.(Foto: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

MANADO, ZONAUTARA.com – Suasana Pameran Pembangunan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang ke-54 berlangsung penuh bising suara musik yang memekakkan telinga dari anjungan peserta pameran.

Demikian yang terpantau wartawan Zona Utara di lokasi pelaksanaan kegiatan, Jumat (21/9/2018).

Sejumlah warga yang sempat diwawancarai mengutarakan keluhannya terkait ketidaknyamanan ini.

“Ini kan pameran. Harusnya membuat nyaman pengunjung yang datang. Di beberapa anjungan justru suara musik terlalu keras sehingga pengunjung jadi tidak nyaman. Ini harus jadi catatan bagi penyelenggara,” kata Jenry Koraag, warga Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Senada dengan Jenry, Arianto Ali, warga Tikala, Kota Manado, turut menyampaikan bahwa seharusnya setiap stand memerhatikan volume musik yang sangat keras tersebut.

“Terus lagu yang terdengar dari musik-musik itu adalah lagu dari Ambon. Ini sebenarnya pameran pembangunan Sulut atau pameran pembangunan Maluku?” ujar Arianto jengkel.

Meski demikian, pada kegiatan yang berlangsung 16-24 September 2018 ini, ada juga pengunjung yang memberikan apresiasi positif. Victor Woba, warga Kairagi, Kota Manado, misalnya, ia memberikan jempol pada anjungan pameran Kabupaten Talaud.

“Di situ tetap ada musik, tapi sangat pelan. Cocok membuat pengunjung jadi nyaman. Seharusnya yang lain dapat mencontohinya,” kata Victor.

Di sisi lain, berdasarkan pantauan di anjungan Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut terdapat sejumlah stand sekolah yang ada di Sulut. Mulai siang hari di anjungan tersebut menghadirkan berbagai atraksi seni dari para siswa, terutama dari sanggar seni SMEK4 dari SMK Negeri 4 Manado.

Kepala SMK Negeri 4 Manado Jenner Rein Rumerung mengatakan, dalam pameran ini para siswa asuhannya menampilkan atraksi tari Kabasaran tunggal, musikalisasi puisi, baca puisi, dan teater yang sempat ditampilkan di Aceh dalam rangka Festival dan Lomba Siswa Nasional 2018 beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pembinaan minat bakat di sekolahnya merupakan satu hal penting di samping kegiatan intra sekolah. Dalam pameran tersebut sekolah yang dipimpinnya menampilkan Program Keahlian Produksi Siaran dan Program Radio (PSPR) atau lebih dikenal Teknik Broadcasting, sebagai satu-satunya program keahlian yang ada di Sulut.

Maklum saja karena SMK Negeri 4 Manado memiliki Radio Komunitas Edukasi Vox FM di frekuensi 107.7 FM dan sudah memiliki izin siaran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta telah ada streaming dengan alamat website smkn4manado.listen2myshow.

“Pameran pembangunan ini merupakan bagian dari menampilkan hasil hasil pembangunan dan juga adalah bagian dari hasil kerja nyata dan kerja hebat Pemerintah Provinsi Sulut yang dipimpin oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” ujar Jenner.

 

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
5 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com