Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Olly: Sudah 100 Ribu Wisman Tiongkok Kunjungi Sulut

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Arus kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) Tiongkok ke Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat. September 2018 ini sudah mencapai 100 ribu orang.

Hal ini dipaparkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-54 Provinsi Sulut, di Kantor DPRD Sulut, Senin (24/9/2018).

“Arus wisatawan mancanegara Tiongkok terus membanjiri daerah ini. Data rilis BPK dan BPS di Sulut pada tahun 2016 sekitar 19 ribu sekian. Meningkat 100% mencapai 40.624 orang. 2017 naik 200% menjadi 80.000 orang. September ini turis asing dari Cina terdata di Dinas Pariwisata berkolaborasi dengan Angkasa Pura dan Imigrasi mencapai 100.000 orang,” sebut Olly.

Olly mengungkapkan, sektor pariwisata merupakan prime mover pembangunan di Sulut.

“Maka tanggal 3 Juli 2016 yang lalu, dengan susah payah kita berhasil membuka akses penerbangan langsung dari Manado ke tujuh kota yang ada di Republik Rakyat Tiongkok yang memiliki wisatawan yang sangat luar biasa. Hari ini kita bisa merasakan hal-hal itu,” ujarnya.

Menurut Olly, banyaknya iven-iven nasional dan internasional di Sulut yang jelas berdampak pada kunjungan orang ke bumi Nyiur Melambai ini.

“Data yang ada di kita, ini sangat membuat pertumbuhan ekonomi Sulut bertumbuh dengan cepat,” ujar Olly.

“Kita terkendala harga komoditas-komoditas, tapi kita tertolong dengan apa yang ada saat ini. Kunjungan wisata ini memiliki dampak atau multiplier efek bagi perekonomian masyarakat,” timpalnya.

Olly menjelaskan, meningkatnya kunjungan wisman ke Sulut sangat menambah PAD di provinsi dan kabupaten/kota.

“Selain itu, banyak sektor yang mendapatkan manfaat dengan sektor pariwisata ini,” pungkasnya. (K-02)

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

HEADLINE

OTT KPK pertama di 2020, Bupati Sidoarjo terjaring

Diduga terkait kasus proyek pengadaan barang dan jasa.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT). Ini merupakan OTT pertama kali di tahun 2020.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah terjaring OTT di Pendopo Sidoarjo pada Selasa (7/1/2020). Kini Saiful sudah dibawah di Gedung KPK di Jakarta, Rabu (8/1/).

“KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di kabupaten Sidoarjo Jawa Timur,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dimintai konfirmasi, Selasa (7/1/2020).

Bersama Saiful, turut diamankan tiga orang lainnya, dua laki-laki dan satu perempuan.

Sebelum dibawa ke Jakarta, Saiful diperiksa di Mapolda Jatim selama enam jam. Kasus OTT Saiful diduga berkaitan dengan proyek pengadaan barang dan jasa di Pemkab Sidoarjo.

Saiful telah menjabat dua periode sebagai Bupati dan sebagai Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Sidoarjo.

Kepada wartawan, Saiful menyatakan tidak tahu menahu mengapa dirinya terjaring OTT KPK.

Tim KPK membawa serta beberapa koper yang diduga berisi barang bukti dokumen terkait kasus Saiful.

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com