Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Olly: Sudah 100 Ribu Wisman Tiongkok Kunjungi Sulut

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Arus kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) Tiongkok ke Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat. September 2018 ini sudah mencapai 100 ribu orang.

Hal ini dipaparkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-54 Provinsi Sulut, di Kantor DPRD Sulut, Senin (24/9/2018).

“Arus wisatawan mancanegara Tiongkok terus membanjiri daerah ini. Data rilis BPK dan BPS di Sulut pada tahun 2016 sekitar 19 ribu sekian. Meningkat 100% mencapai 40.624 orang. 2017 naik 200% menjadi 80.000 orang. September ini turis asing dari Cina terdata di Dinas Pariwisata berkolaborasi dengan Angkasa Pura dan Imigrasi mencapai 100.000 orang,” sebut Olly.

Olly mengungkapkan, sektor pariwisata merupakan prime mover pembangunan di Sulut.

“Maka tanggal 3 Juli 2016 yang lalu, dengan susah payah kita berhasil membuka akses penerbangan langsung dari Manado ke tujuh kota yang ada di Republik Rakyat Tiongkok yang memiliki wisatawan yang sangat luar biasa. Hari ini kita bisa merasakan hal-hal itu,” ujarnya.

Menurut Olly, banyaknya iven-iven nasional dan internasional di Sulut yang jelas berdampak pada kunjungan orang ke bumi Nyiur Melambai ini.

“Data yang ada di kita, ini sangat membuat pertumbuhan ekonomi Sulut bertumbuh dengan cepat,” ujar Olly.

“Kita terkendala harga komoditas-komoditas, tapi kita tertolong dengan apa yang ada saat ini. Kunjungan wisata ini memiliki dampak atau multiplier efek bagi perekonomian masyarakat,” timpalnya.

Olly menjelaskan, meningkatnya kunjungan wisman ke Sulut sangat menambah PAD di provinsi dan kabupaten/kota.

“Selain itu, banyak sektor yang mendapatkan manfaat dengan sektor pariwisata ini,” pungkasnya. (K-02)

 

Editor : Christo Senduk

Politik dan Pemerintahan

Menanti pengumuman penerimaan 254.173 CPNS usai libur Lebaran

Alokasi juga termasuk bagi tenaga kontrak dan honorer.

Published

on

ZONAUTARA.com – Akun resmi Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Twitter mencuitkan rencana pemerintah kembali membuka kran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tak tanggung-tanggung, cuitan yang disertai infografis itu menyebutkan ada total 254.173 aparatur sipil negara yang dialokasikan dalam penerimaan nanti.

Belum jelas kapan pengumuman resminya. Cuitan itu hanya menyebut soal alokasi kebutuhan yang diperlukan.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, pengumuman resmi penerimaan CPNS tersebut akan dilakukan usai libur Lebaran.

Namun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin telah memberi petunjuk waktunya.

“Itu nanti untuk triwulan ketiga 2019,” ujar Syafruddin, bulan lalu seperti dinukil dari grid.id.

Adapun, rincian besaran dalam Kepmen PANRB Nomor 12 Tahun 2019 dibagi 2, yakni untuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Besaran alokasinya seperti berikut:

1. Pemerintah pusat

Terdapat dua bagian kuota untuk pengisian pegawai ASN tahun 2019, yaitu Untuk PNS dan untuk PPPK yang diisi oleh eks-THK II dan honorer sebanyak 23.212.

Kemudian untuk PNS, dibagi menjadi dua lagi, yaitu PNS yang diisi oleh pelamar umum sebanyak 17.519 dan PNS yang diisi dari sekolah kedinasan sebanyak 5.694.
Sehingga jika ditotal alokasi CPNS untuk pemerintah pusat sebesar 46.425.

2. Pemerintah Daerah

Sama seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah pun terdapat 2 bagian kuota untuk pengisian pegawai ASN tahun 2019, yaitu Untuk PNS dan untuk PPPK yang diisi oleh eks-THK II dan honorer.

Besaran alokasi untuk PNS dibagi dua menjadi PNS yang diisi oleh pelamar umum sebanyak 62.249 dan PNS yang diisi dari sekolah kedinasan (STTD) sebanyak 75.
Totalnya menjadi 62.324. Sementara, alokasi untuk PPPK yang diisi oleh eks-THK II dan honorer sebanyak 145.424. Jumlah alokasi untuk pemerintah daerah secara keseluruhan menjadi 207.748.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com