bar-merah

Pemprov Sulut Kirim Bantuan Untuk Korban Bencana di Sulteng

MANADO, ZONAUTARA.comPemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) mengirimkan bantuan kepada para korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Di mana, bentuk empati dan kepedulian Pemprov Sulut tersebut pun berupa Rp100 juta bantuan bagi para korban bencana dan juga uang tunai Rp1 miliar kepada Pemprov Sulteng.

Bantuan yang diserahkan langsung Senin (1/9/2018) siang ini sebagai bentuk kepedulian total dari Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur (Wagub) Steven O.E. Kandouw, serta Sekdaprov Edwin Silangen, untuk meringankan beban para korban bencana.

Gubernur Olly saat melepas tim menuturkan, musibah gempa yang terjadi di Sulteng adalah duka bersama. Dia menjelaskan, bahwa terdapat orang-orang asal Sulut yang terkena bencana saat peristiwa tersebut.

Sejalan dengan itu, Gubernur menerangkan, pemerintah daerah akan mengirimkan tim yang dibantu juga oleh forum Pria Kaum Bapa di bawah pimpinan Pdt Lucky, yang akan pergi bersama dengan tim dan membawa bantuan.

“Kepada segenap lapisan masyarakat Bumi Nyiur Melambai, mari kita pedul kepada saudara-saudara yang terkena musibah di Kota Palu. Kami juga mengimbau kepada masyarakat Sulut untuk tetap waspada,” ungkap Olly.

Diketahui, selain bantuan berupa barang, Pemprov Sulut juga mengirimkan sebanyak 35 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan staf Dinas Sosial Daerah (Dinsosda) Sulut. Sebanyak 35 personel itu terbagi dalam 2 tim yang bertugas bergantian setiap minggu. Adapun tim yang pertama sudah diberangkatkan bersamaan dengan bantuan logistik.

Di lokasi bencana, Tim Tagana dan staf Dinsosda Sulut akan bekerja untuk melayani pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, melakukan pendampingan dan layanan dukungan psikososial, melakukan perlindungan sosial pada kelompok-kelompok rentan, yaitu lansia, anak-anak, ibu hamil dan penyandang disabilitas, melakukan evakuasi korban apabila dibutuhkan oleh instansi terkait

Sebelumnya, Dinsosda Sulut juga telah menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI sebanyak 2 unit mobil rescue taktis dan mobil truk serbaguna. Diketahui, bahwa mobil truk serbaguna langsung ditugaskan menuju Palu membantu mendukung tugas-tugas Tim Tagana dan staf Dinsosda. Di samping itu juga, bantuan langsung dari Jurnalis Independen Sulut (JIPS) kepada korban bencana dan menysul bantuan dari SKPD Lingkup Pemprov Sulut.

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com