Connect with us

Zona Bitung

Lomban Jadi Pembicara di Semnas Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban menjadi pembicara pada Seminar Nasional (Semnas), yang diinisasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IX B Sulawesi Utara (Sulut), yang berlangsung di Hotel Peninsula Manado, Kamis (11/10/2018).

Semnas dengan tema ‘Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia’ ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kualitas dan daya saing SDM indonesia.

Terutama, dalam berkontribusi menyediakan tenaga kerja yang berkualitas tinggi, khususnya dalam mengahadapi Revolusi Industri 4.0, agar dapat bersaing pada pasar tenaga kerja global.

Dalam materinya Lomban memaparkan terkait kiat-kiat Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di bidang pendidikan, serta kiat-kiat dalam menyiapkan tenaga kerja yang handal, melalui peningkatan kualitas dan produktivitas ketenagakerjaan, melalui pemberian sosialisasi, pendidikan dan pelatihan.

Selain itu juga Lomban memaparkan terkait sertifikasi dan peningkatan digital skill kepada tenaga kerja siap pakai, terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Kita harus bisa menghadirkan masa depan ke masa sekarang. Di mana, kita harus dapat membaca peluang di masa mendatang, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui inovasi di berbagai bidang,” kata Lomban.

Lomban pun mencontohkan adanya Bitung Logistic Comunity Colage (BLCC) yang merupakan salah satu representasi kehadiran masa depan pada masa kini.

Menurut Lomban, di Bitung saat ini sudah banyak yayasan perguruan tinggi yang berkualitas, antara lain STIE PETRA Bitung dan BLCC.

“Semuanya bertujuan mempersiapkan dan bahkan sudah menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang terampil dan berkualitas serta melek digital,” jelasnya.

Hal ini, lanjut dia, dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang langsung mendapatkan pekerjaaan di perusahaan-perusahaan besar, baik di Bitung, bahkan sampai di luar daerah.

 

Peliput : Gary Kaligis
Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Beri Donasi

Zona Bitung

Kota Bitung diterjang bajir bandang, dua kelurahan terdampak

Terlihat banyak pohon tumbang akibat tersapu banjir bandang tersebut.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Walikota Bitung Maximilian J Lomban meninjau daerah yang terdampak banjir bandang di Kelurahan Girian Bawah Kota Bitung.(Image: Alfry Lombontariang)

BITUNG, ZONAUTARA.com – Banjir  bandang  menerjang Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu dan Kelurahan Girian Weru Satu Kecamatan Girian di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (20/03/2020) dini hari.

Warga di dua kelurahan tersebut tak menyangka datangnya bencana karena peristiwa terjadi sekitar pukul 01.00 WITA kala banyak orang terlelap. Ketinggian air  ada yang mencapai sekitar  1,5 meter atau setinggi pundak orang dewasa.

Banjir bandang yang terjadi itu bermula dari curah hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur Kota Bitung, Kamis (19/03/2020) sekira pukul 23.45 WITA. Akibatnya, air kiriman dari Gunung Dua Sudara membuat sungai bir meluap, mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang air dan beberapa rumah bagian dapur hanyut terbawa air.

Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu yang dilaporkan terdampak di antaranya  2 unit  rumah, 1 unit  bangunan  Sekolah  Tinggi  Alkitab , 70 orang mahasiswa, 8 orang penduduk setempat. Para korban yang terdampak kini diungsikan  di bangunan GPDI  Imanuel  Duasudara.

Sedangkan di Kelurahan Girian Weru Satu Kecamatan Girian juga mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang dan beberapa rumah bagian dapur  hanyut terbawa air. Banyak warga yang berusaha menyelamatkan harta dan benda di rumah yang rata-rata masih tergenang air. Tercatat sekitar 10 keluarga yang terdampak banjir bandang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartawan Zona Utara di lapangan sekitar pukul 11.00 WITA, arus sungai masih deras. Terlihat banyak pohon tumbang akibat tersapu banjir bandang tersebut.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com