Connect with us

Zona Bitung

Lomban Jadi Pembicara di Semnas Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban menjadi pembicara pada Seminar Nasional (Semnas), yang diinisasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IX B Sulawesi Utara (Sulut), yang berlangsung di Hotel Peninsula Manado, Kamis (11/10/2018).

Semnas dengan tema ‘Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia’ ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kualitas dan daya saing SDM indonesia.

Terutama, dalam berkontribusi menyediakan tenaga kerja yang berkualitas tinggi, khususnya dalam mengahadapi Revolusi Industri 4.0, agar dapat bersaing pada pasar tenaga kerja global.

Dalam materinya Lomban memaparkan terkait kiat-kiat Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di bidang pendidikan, serta kiat-kiat dalam menyiapkan tenaga kerja yang handal, melalui peningkatan kualitas dan produktivitas ketenagakerjaan, melalui pemberian sosialisasi, pendidikan dan pelatihan.

Selain itu juga Lomban memaparkan terkait sertifikasi dan peningkatan digital skill kepada tenaga kerja siap pakai, terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Kita harus bisa menghadirkan masa depan ke masa sekarang. Di mana, kita harus dapat membaca peluang di masa mendatang, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui inovasi di berbagai bidang,” kata Lomban.

Lomban pun mencontohkan adanya Bitung Logistic Comunity Colage (BLCC) yang merupakan salah satu representasi kehadiran masa depan pada masa kini.

Menurut Lomban, di Bitung saat ini sudah banyak yayasan perguruan tinggi yang berkualitas, antara lain STIE PETRA Bitung dan BLCC.

“Semuanya bertujuan mempersiapkan dan bahkan sudah menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang terampil dan berkualitas serta melek digital,” jelasnya.

Hal ini, lanjut dia, dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang langsung mendapatkan pekerjaaan di perusahaan-perusahaan besar, baik di Bitung, bahkan sampai di luar daerah.

 

Peliput : Gary Kaligis
Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Bitung

Mereka belajar soal cerdas di media sosial

Sekitar 74 anak-anak di PPA Karang Kekal Batuputih ikut kegiatan ini.

Bagikan !

Published

on

Anak-anak di PPA Karang Kekal, Batuputih sedang menerima materi didampingi para mentor. (Foto: Zonautara.com/Bios Lariwu)

BITUNG, ZONAUTARA.com – Pusat Pengembangan Anak (PPA) Karang Kekal Batuputih menggelar sosialisasi tentang bagaimana cara yang cerdas bermedia sosial, yang dilaksanakan di gedung PPA Kelurahan Batuputih, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, pada Jumat (6/9/2019).

Sosialisasi yang diikuti oleh anak usia 9 – 18 tahun ini menerima materi bagaimana bermedia sosial dengan bijak dan juga dapat memanfaatkan media sosial untuk hal positif.

Materi yang dibawakan oleh jurnalis Zona Utara, Ronny Buol ini mengajarkan kepada para anak dan remaja tersebut bagaimana mengetahui berita hoax di media sosial, agar mereka tidak mudah menyebarkan postingan hoax.

Coordinator Project Director PPA Karang Kekal, Masni Lambayang mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat berguna karena melihat kehidupan anak-anak saat ini sudah sangat akrab dengan smartphone dan media sosial.

“Materi ini memang telah menjadi program dari kami untuk menambah pengetahuan anak-anak,” kata Masni.

Alasan lain diadakannya sosialisasi ini karena ada pengalaman buruk yang dialami PPA Karang Kekal terkait media sosial. Ada akun media sosial milik anak PPA di yang pernah menyebarkan gambar tidak senonoh yang merugikan temannya sendiri, yang juga merupakan sesama anak PPA.

“Kami sudah memberikan pengajaran kepada anak-anak tersebut dengan membuat perjanjian tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Makanya kami adakan sosialisasi tentang Cerdas di Media Sosial agar kejadian seperti itu tidak akan terulang lagi,” ungkap Masni.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com