Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Bitung

Lomban Jadi Pembicara di Semnas Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban menjadi pembicara pada Seminar Nasional (Semnas), yang diinisasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IX B Sulawesi Utara (Sulut), yang berlangsung di Hotel Peninsula Manado, Kamis (11/10/2018).

Semnas dengan tema ‘Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia’ ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kualitas dan daya saing SDM indonesia.

Terutama, dalam berkontribusi menyediakan tenaga kerja yang berkualitas tinggi, khususnya dalam mengahadapi Revolusi Industri 4.0, agar dapat bersaing pada pasar tenaga kerja global.

Dalam materinya Lomban memaparkan terkait kiat-kiat Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di bidang pendidikan, serta kiat-kiat dalam menyiapkan tenaga kerja yang handal, melalui peningkatan kualitas dan produktivitas ketenagakerjaan, melalui pemberian sosialisasi, pendidikan dan pelatihan.

Selain itu juga Lomban memaparkan terkait sertifikasi dan peningkatan digital skill kepada tenaga kerja siap pakai, terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Kita harus bisa menghadirkan masa depan ke masa sekarang. Di mana, kita harus dapat membaca peluang di masa mendatang, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui inovasi di berbagai bidang,” kata Lomban.

Lomban pun mencontohkan adanya Bitung Logistic Comunity Colage (BLCC) yang merupakan salah satu representasi kehadiran masa depan pada masa kini.

Menurut Lomban, di Bitung saat ini sudah banyak yayasan perguruan tinggi yang berkualitas, antara lain STIE PETRA Bitung dan BLCC.

“Semuanya bertujuan mempersiapkan dan bahkan sudah menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang terampil dan berkualitas serta melek digital,” jelasnya.

Hal ini, lanjut dia, dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang langsung mendapatkan pekerjaaan di perusahaan-perusahaan besar, baik di Bitung, bahkan sampai di luar daerah.

 

Peliput : Gary Kaligis
Editor : Christo Senduk

Hukum dan Kriminal

Polres Bitung amankan Sabu-sabu 107,6 Gram

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com Perang terhadap peredaran narkotika terus dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Kota Bitung. Melalui Satuan Reserse Narkoba, Polres Bitung berhasil mengamankan narkoba jenis sabu-sabu seberat 107,6 gram dari seorang lelaki.

Hal tersebut pun dibeberkan Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba Polres Bitung AKP Frelly Sumampouw, dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Bitung, Kamis (9/5/2019).

Frelly mengatakan, RI alias Iki Doyok (27) warga Mahawu, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, berhasil menangkap saat sedang membawa 107,6 gram sabu-sabu, pada Sabtu (4/5/2019), sekitar pukul 15.00 WITA, oleh Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Bitung.

Penangkapan terhadap pelaku bersama rekannya dilakukan di Kelurahan Winenet Dua, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, tepatnya di depan Hotel Nalendra.

“Saat Unit Opsnal sedang melakukan pemantauan di beberapa hotel yang ada di sekitar Kecamatan Aertembaga, terlihat dua orang dua orang lelaki yang mencurigakan,” ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Tomohon ini.

Menurut dia, salah satu di antara dua pria tersebut terlihat membawa tas hitam plastik berisi serbuk putih yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dan terisi dalam plastik putih tertutup lakban warna putih.

“Saat didekati pelaku terlihat gelisah dan setelah diperiksa dan digeledah ditemukan narkoba tersebut,” jelasnya.

Teman pelaku RP alias Rizal (27) dan kendaraan bermotor yang dikendarainya pun turut diperiksa oleh petugas, namun tidak ditemukan narkoba.

Pelaku RI alias Iki Doyok pun telah berstatus tersangka. Namun untuk lelaki RP alias Rizal hanya sebagai saksi yang mengantar pelaku.

Pelaku pun terancam dengan hukuman penjara seumur hidup.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending