Lomban Jadi Pembicara di Semnas Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia

BITUNG, ZONAUTARA.com – Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban menjadi pembicara pada Seminar Nasional (Semnas), yang diinisasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IX B Sulawesi Utara (Sulut), yang berlangsung di Hotel Peninsula Manado, Kamis (11/10/2018).

Semnas dengan tema ‘Membangun Pendidikan Tinggi di Timur Indonesia’ ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kualitas dan daya saing SDM indonesia.

Terutama, dalam berkontribusi menyediakan tenaga kerja yang berkualitas tinggi, khususnya dalam mengahadapi Revolusi Industri 4.0, agar dapat bersaing pada pasar tenaga kerja global.

Dalam materinya Lomban memaparkan terkait kiat-kiat Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di bidang pendidikan, serta kiat-kiat dalam menyiapkan tenaga kerja yang handal, melalui peningkatan kualitas dan produktivitas ketenagakerjaan, melalui pemberian sosialisasi, pendidikan dan pelatihan.

Selain itu juga Lomban memaparkan terkait sertifikasi dan peningkatan digital skill kepada tenaga kerja siap pakai, terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Kita harus bisa menghadirkan masa depan ke masa sekarang. Di mana, kita harus dapat membaca peluang di masa mendatang, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui inovasi di berbagai bidang,” kata Lomban.

Lomban pun mencontohkan adanya Bitung Logistic Comunity Colage (BLCC) yang merupakan salah satu representasi kehadiran masa depan pada masa kini.

Menurut Lomban, di Bitung saat ini sudah banyak yayasan perguruan tinggi yang berkualitas, antara lain STIE PETRA Bitung dan BLCC.

“Semuanya bertujuan mempersiapkan dan bahkan sudah menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang terampil dan berkualitas serta melek digital,” jelasnya.

Hal ini, lanjut dia, dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang langsung mendapatkan pekerjaaan di perusahaan-perusahaan besar, baik di Bitung, bahkan sampai di luar daerah.

 

Peliput : Gary Kaligis
Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.