Connect with us

Zona Tomohon

Pemkot Tomohon Sosialisasikan Perda Ketertiban Umum

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Bagian Hukum Setda Kota Tomohon menggelar kegiatan Fasilitasi Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tomohon Nomor 7 Tahun 2017 tentang Ketertiban Umum, di Kantor DPRD Kota Tomohon, Rabu (10/10/2018).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman turut hadir dan membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya sekaligus Eman mengatakan, bahwa penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentuan masyarakat menjadi urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah Kota Tomohon, yang dalam pelaksanaannya harus dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan budaya, serta tata nilai kehidupan masyarakat Kota Tomohon.

“Pemerintah sebagai pembuat kebijakan seharusnya mempertahankan atau memelihara sesuatu yang baik tentang kota dan berupaya merencanakan pertumbuhan dan perubahannya. Bentuk konkrit pengaturan tersebut adalah dengan membentuk peraturan daerah dalam rangka mengatasi masalah ketertiban umum,” ujarnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan Perda Nomor 7 tahun 2017, terdapat 10 ruang lingkup ketertiban umum di Kota Tomohon, antara lain tertib jalan dan angkutan jalan raya, tertib fasilitas umum, tertib sungai, saluran dan kolam, tertib lingkungan, tertib tempat usaha dan usaha tertentu, tertib sosial, tertib kesehatan, tertib tempat hiburan, peran serta masyarakat dan pembinaan dan pengawasan.

“Kegiatan ini dimaksudkan tidak hanya sebagai payung hukum bagi penyelenggaraan ketertiban umum, tetapi juga sebagai instrument untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan kepada masyarakat, sehingga keberadaan peraturan daerah ini benar-benar dapat mewujudkan pemerintahan yang baik bagi masyarakat kota tomohon,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepal Bagian (Kabag) Hukum Setda Denny Mangundap, dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mewujudkan Kota Tomohon yang tentram dan tertib, serta menumbuhkan rasa disiplin berperilaku dalam masyarakat kota tomohon.

Tampil sebagai narasumber Ketua DPRD Kota Tomohon Miky J.L Wenur. Turut hadir Asisten Umum Corry Caroles, Asisten Perekonomian Max M. Mentu, para kepala SKPD, Kabag, para Camat dan Lurah se-Kota Tomohon.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Tinjau Wawo, WL matangkan rencana pembangunan venue Paralayang

Published

on

Wenny Lumentut saat berada di puncak Wawo Tomohon. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comUntuk yang kesekian kalinya, legislator Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut melakukan kunjungan ke perkebunan Wawo di Kota Tomohon.

Teranyar, Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut ini mengunjungi lokasi tersebut, Selasa (2/6/2020).

Kunjungan Lumentut tersebut untuk mematangkan rencananya membangun venue olahraga Paralayang dan Paramotor.

“Lokasi ini (Wawo) memang layak untuk dibuat lokasi penerbangan Paralayang dan Paramotor,” ujar legislator daerah pemilihan Tomohon-Minahasa ini.

Menurut Lumentut, ada sejumlah spot yang telah dibidik untuk dijadikan lokasi lepas landas bagi para penerbang olahraga dirgantara tersebut.

“Tentunya semuanya akan direncanakan dan dibangun sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar Wakil Ketua DPRD Sulut periode 2014-2019 ini.

Lumentut menegaskan, panorama alam yang indah di sekitar bukit Wawo tersebut dipastikan akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung di lokasi tersebut.

“Nantinya, jika terbang dengan Paralayang, akan dilihat keindahan Danau Linouw, Danau Tondano, sejumlah gunung berapi dan tentunya landscape Kota Tomohon yang indah,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com