Connect with us

Zona Bitung

Pemkot Bitung Salurkan Bantuan Bencana Sulteng Tahap Tiga

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melalui Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD), kembali mengirimkan bantuan bagi korban bencana di Palu, Donggala dan Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (11/10/2018).

Bantuan tahap tiga ini merupakan bantuan dari pemerintah dan masyarakat Kota Bitung ini. Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari sembako dan kebutuhan dasar lainnya, yang terdiri dari beras 50 kg sebanyak 53 karung, 20 kg sebanyak 26 karung, 15 kg sebanyak 24 karung, 14 kg sebanyak 20 karung, 10 kg sebanyak 14 karung dan 5 kg sebanyak 34 karung.

Selain beras, adapula mie instan sebanyak 447 karton dan air mineral sebanyak 448 karton.

Demikian juga kebutuhan mendasar lainnya seperti pampres 48 karton, bahan makanan sebanyak 18 karton, susu bayi sebanyak enam karton, obat-obatan satu karton.

Ditambah handuk dan selimut sejumlah tiga karung, serta biscuit sebanyak 27 karton.

Bantuan ini pun dikirim melalui jalur darat, dengan menggunakan dua truk dan satu minivan dengan pengawalan empat relawan BPBD Kota Bitung.
Iring-iringan bantuan ini diperkirakan akan tiba pada hari Sabtu (13/10) malam.

Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban berharap, kiranya bantuan-bantuan ini dapat tiba di lokasi bencana tanpa ada halangan.

“Dengan demikian, dapat segera disalurkan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi (Sulteng),” ujar Lomban.

Peliput: Gary Kaligis
Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Beri Donasi

Zona Bitung

Kota Bitung diterjang bajir bandang, dua kelurahan terdampak

Terlihat banyak pohon tumbang akibat tersapu banjir bandang tersebut.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Walikota Bitung Maximilian J Lomban meninjau daerah yang terdampak banjir bandang di Kelurahan Girian Bawah Kota Bitung.(Image: Alfry Lombontariang)

BITUNG, ZONAUTARA.com – Banjir  bandang  menerjang Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu dan Kelurahan Girian Weru Satu Kecamatan Girian di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (20/03/2020) dini hari.

Warga di dua kelurahan tersebut tak menyangka datangnya bencana karena peristiwa terjadi sekitar pukul 01.00 WITA kala banyak orang terlelap. Ketinggian air  ada yang mencapai sekitar  1,5 meter atau setinggi pundak orang dewasa.

Banjir bandang yang terjadi itu bermula dari curah hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur Kota Bitung, Kamis (19/03/2020) sekira pukul 23.45 WITA. Akibatnya, air kiriman dari Gunung Dua Sudara membuat sungai bir meluap, mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang air dan beberapa rumah bagian dapur hanyut terbawa air.

Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu yang dilaporkan terdampak di antaranya  2 unit  rumah, 1 unit  bangunan  Sekolah  Tinggi  Alkitab , 70 orang mahasiswa, 8 orang penduduk setempat. Para korban yang terdampak kini diungsikan  di bangunan GPDI  Imanuel  Duasudara.

Sedangkan di Kelurahan Girian Weru Satu Kecamatan Girian juga mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang dan beberapa rumah bagian dapur  hanyut terbawa air. Banyak warga yang berusaha menyelamatkan harta dan benda di rumah yang rata-rata masih tergenang air. Tercatat sekitar 10 keluarga yang terdampak banjir bandang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartawan Zona Utara di lapangan sekitar pukul 11.00 WITA, arus sungai masih deras. Terlihat banyak pohon tumbang akibat tersapu banjir bandang tersebut.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com