Connect with us

Zona Tomohon

Pemkot Koordinasi Soal Bankum dan Rencana Aksi HAM

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bantuan Hukum (Bankum) dan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Rabu (17/10/2018).

Rakor tersebut pun dihadiri Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman yang diwakili Asisten III Setda Kota Tomohon Corry Caroles.

Saat membacakan sambutan Wali Kota, Caroles mengatakan, RANHAM merupakan dokumen yang memuat sasaran strategis dan fokus kepada kegiatan prioritas RANHAM Indonesia.

Menurut dia, pemerintah mengeluarkan kebijakan resmi, yakni dengan dikeluarkannya Undang-Undang (UU) Nomor 39 tahun 1999 yang mengamanatkan pemerintah wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi serta menegakan dan memajukan Hak Asasi Manusia (HAM).

Implementasinya, kata dia, tertuang pada Pasal 72, bahwa kewajiban dan tanggung jawab pemerintah tersebut meliputi langkah-langkah implementasi secara efektif dalam bidang hukum, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan negara dan bidang lainnya.

Berdasarkan UU tersebut, lanjut dia, maka pemerintah menetapkan RANHAM yang dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2018.

“Strategi implementasi RANHAM terdiri enam meliputi penguatan institusi pelaksana RANHAM, penyiapan pengesahan dan penyusunan bahan laporan implementasi instrumen internasional HAM, penyiapan regulasi harmonisasi perda dan evaluasi peraturan perundang-undangan menurut perspektif HAM, pendidikan dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang HAM, penerapan norma dan standar HAM, serta pelayanan komunikasi masyarakat,” ujar Caroles.

Dia menjelaskan, terkait bantuan hukum, sebagaiamana Pasal 92 UU Nomor 5 Tahun 2014 menyatakan, bahwa pemerintah wajib memberikan bantuan hukum bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dalam melaksanakan tugasnya berhadapan atau mengalami masalah hukum.

“Pemberian bantuan dan perlindungan hukum kepada para pegawai tidak berarti memberi peluang kepada ASN untuk melakukan penyalahgunaan wewenang jabatan, termasuk tindakan melawan hukum seperti korupsi. Akan tetapi harapan kita semua tidak ada ASN kita yang tersangkut kasus hukum atau kasus korupsi, karena adanya upaya kriminalisasi dari pihak-pihak tertentu,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber Kabag Bantuan Hukum dan HAM Setda Provinsi Sulut Frangky Tambuwun, Pengacara Jean Maengkom, Kabag Hukum Setda Kota Tomohon Denny Mangundap, dan turut dihadiri jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Kajati Sulut Cup 2020 sukses digelar, ini hasilnya

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kejuaraan Karate-Do Gojukai Kajati Sulut Cup ke-II tahun 2020 di Kota Tomohon berlangsung sukses.

Event olahraga yang berlangsung di Gedung Olahraga Babe Palar Tomohon sejak Jumat (21/2/2020) tersebut resmi ditutup Minggu (23/2/2020).

Hasilnya, juara umum disabet Ultimate Tim B, disusul oleh Forki Minahasa dan Gojukai Sulsel.

Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon sangat berbangga dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada sebagai tuan rumah dan pelaksana Open Tournament Kajati Sulut Cup ke-II Tahun 2020, yang memperebutkan piala bergilir Kajati Sulut dan piala tetap Wali Kota Tomohon.

Menurut Eman, turnamen ini merupakan event olahraga akbar pertama di tahun 2020 yang dilaksanakan di gedung olahraga babe palar tomohon.

Dia menjelaskan, suksesnya kegiatan tersebut melebihi capaian tahun sebelumnya yang diikuti 41 kontingen. Sementara di tahun ini, diikuti 45 kontingen dengan 768 atlet dari beberapa provinsi tetangga selain Sulawesi Utara, di antaranya provinsi Sulawesi Tengah, Maluku dan Gorontalo.

“Kehadiran para kontingen dalam eventen ini, tentu berkontribusi besar dalam pergerakan ekonomi di Kota Tomohon dan sekitarnya,” ujar Eman.

Dia pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia pelaksana yang boleh bekerja tanpa mengenal lelah, memberikan sumbangsih tenaga, waktu, bahkan materi, mulai dari tahap mempersiapkan kegiatan sampai pada saat ini, demi suksesnya kegiatan Kajati Sulut Cup ke-II tahun 2020.

Eman juga mengungkapkan terima kasih dan penghargaan juga diberikan kepada segenap pihak, baik itu dari swasta, BUMN, BUMD, maupun perorangan yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya kegiatan ini.

“Dengan terlaksananya kejuaraan ini, tentu telah mendukung proses pembinaan  atlet-atlet yang handal sejak dini dan mampu meraih prestasi di tingkat daerah, nasional bahkan sampai ke tingkat internasional,” tuturnya.

Sekaligus, lanjut dia, sebagai bahan evaluasi dalam melakukan pembinaan atlet secara berjenjang, bertahap dan berkelanjutan, serta menambah jam terbang para atlet daerah.

“Dampaknya saling kait mengait dalam meningkatkan prestasi, menggerakkan kreatifitas dan inovasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkas Eman.

Sementara itu, Kajati Sulut Andi M. Iqbal Arief yang diwakili Asisten Intelejen Kejati Sulut Stanly Yos Bukara mengungkapkan, kegiatan open turnamen ini diprakarsai oleh keluarga besar Gojukai, dan merupakan kegiatan kedua dilaksanakan dalam masa kepemimpinan pengurus Karate-Do Gojukai Indonesia Komisariat Daerah Sulut.

“Kami ingin, karate di Provinsi Sulawesi Utara benar-benar jaya, berprestasi. Bahkan kejuaraan karate yang diprakarsai oleh pengurus Gojukai Indonesia Komda Sulut ini, terukur bahkan menjadi percontohan kejuaraan karate di Provinsi Sulawesi Utara,” katanya.

Dia berpesan kepada para atlet, prestasi adalah tujuan kita semua, sehingga gapailah itu dengan perjuangan yang sportif dalam pertandingan.

“Semoga semua pemberian diri kita atas terselenggaranya kegiatan ini, semuanya berkenan kepada-Nya dan kepada kita dilimpahkan berkat yang melimpah dari-Nya,” ujar Bukara.

Dia pun turut mengucapkan terima kasih kepada jajaran Formpinda Kota Tomohon, yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini.

Turut hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Jendral PB Karate-Do Gojukai Indonesia Hartono, Kajari Tomohon Immanuel Richendryhot selaku Ketua Umum Panitia, Sekretaris Umum Panitia Rooije Rumende, Dewan Wasit Nasional, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harolld V. Lolowang dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com