bar-merah

Ini Pesan Ketua MA Kepada Para Hakim di Sulutgo dan Malut

MANADO, ZONAUTARA.com Ketua Mahkama Agung (MA) RI Muhammad Hatta Ali memberikan pembinaan kepada seluruh Hakim yang ada di Sulawesi Utara, Gorontalo (Sulutgo) dan Maluku Utara (Malut), di Sintesa Peninsula Hotel, Manado, Selasa (23/10/2018).

Hatta Ali saat diwawancarai wartawan menegaskan, ada dua poin yang akan diberikan dalam pembinaan tersebut.

“Pertama, mengingatkan kepada semua hakim supaya lebih meningkatkan profesionalismenya dan juga sekaligus diikuti dengan integritas yang tinggi,” kata Hatta Ali.

Selain itu, lanjut Hatta Ali, menyampaikan permasalahan-permasalahan yang selama ini oleh masyarakat terutama pencari keadilan dianggap masih terdapat hal yang kurang.

“Dalam rangka pelayanan para pengadilan kepada pencari keadilan,” sebutnya.

Dia menambahkan, memang tujuan kunjungan kerja MA beserta seluruh pimpinan dan rombongan ada dua.

“Seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Setelah peresmian 85 pengadilan baru, terdiri dari 53 Pengadilan Agama, 30 Peradilan Umum, dan dua Peradilan TUN. Di samping itu, kami melakukan pembinaan yang dilaksanakan oleh pimpinan Mahkama Agung kepada tiga provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara,” ujarnya.

Ditanya kenapa pilih Talaud sebagai tempat peresmian 85 pengadilan, Hatta Ali menjelaskan, memang hampir setiap daerah meminta supaya dilakukan peresmian di wilayahnya.

“Tetapi berdasarkan rapat pimpinan, kalau kita mengadakan di Melonguane ini merupakan perbatasan atau ujung keluar sebelah utara dari Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina. Oleh karena itu, kami menganggap Melonguane mempunyai nilai yang sangat strategis dalam rangka mendekatkan pengadilan kepada pencari keadilan,” pungkasnya. (K-02)

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com