Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Dapodik Jadi Dasar Pemberian Bantuan BOP PAUD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar kegiatan Pengembangan Data dan Informasi Kota Tomohon Tahun 2018, di Okoy Flower Garden, Rabu (24/10/2018).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman turut hadir dalam kegiatan yang dihadiri peserta dari unsur Taman Kanak-kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Satuan PAUD Sejenis (SPS) atau Sekolah Minggu.

Eman usai kegiatan saat diwawancarai mengatakan, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) saat ini diberlakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengontrolan sistem pendidikan. Menurut Eman, Dapodik sangat mempengaruhi pemberian dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD.

“Data PAUD di Dapodik ini akan menjadi dasar pemberian bantuan bagi para siswa PAUD. Kalau ada 30 (siswa) yah dilaporkan 30. Karena itu akan dihitung bantuan, misalnya per siswa itu Rp600 ribu, termasuk bantuan alat peraga untuk PAUD,” ujar Eman.

Dia menjelaskan, besaran bantuan untuk siswa PAUD adalah sebesar Rp600 ribu. Namun begitu, hal tersebut tidak berlaku bagi TK atau PAUD dan sejenisnya yang hanya memiliki 12 anak didik.

Senada diungkapkan Kepala Dinas Dikbud Tomohon Juliana Dolvien Karwur. Dia mengatakan, dapodik saat ini merupakan sesuatu yang penting. Pasalnya, kata dia, segala sesuatu yang dilakukan saat ini semuanya berdasarkan dapodik.

“Memang yang tidak melakukan dapodik tidak akan mendapatkan dana BOP PAUD,” tegas Karwur.

Pasalnya, lanjut Karwur, pemberian dana BOP PAUD tersebut berdasarkan data yang ditarik dari dapodik. Sehingga, jika tidak memiliki data di dapodik, otomatis tidak akan menerima bantuan.

Dia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan Pengembangan Data dan Informasi tersebut dapat meningkatkan kompetensi para operator dapodik dalam mengelola data pendidikan, sehingga semua anak memperoleh pendidikan anak usia dini yang berkualitas.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Faturrahman dari Sekretariat Direktorat Jendral PAUD dan DIKMAS Kemendikbud RI, dengan peserta dari unsur Guru-guru TK, PAUD dan SPS se-Kota Tomohon.

 

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Soal Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, ini kata Eman

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar Sosialisasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Kamis (24/5/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman membuka langsung kegiatan yang digelar di Wise Hotel Tomohon tersebut.

Eman dalam sambutannya mengatakan, Kota Tomohon dalam waktu dekat segera memiliki jaringan internet pendukung.

Menurut dia, jaringan internet pendukung yang bekerja sama dengan provider lainnya tersebut dipersiapkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh Kota Tomohon.

Hal itu pun, kata Eman, patut oleh Kota Tomohon. Eman berharap, ke depan di Tomohon tidak ada lagi wilayah yang masuk dalam Blank Spot.

Eman menjelaskan, jaringan internet merupakan kunci dalam menggunakan SPBE.

“Dengan penerapan e-government, maka pemerintah harus mengumpulkan data-data dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menggunakan internet. Jadi, jaringan internet menjadi salah satu hal penting di zaman milenial ini,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Tomohon Jusak Toar Pandeirot dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara pemerintahan tentang SPBE.

“Serta, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Ketua Relawan TIK Tomohon Quido Kainde.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending