Connect with us

Zona Tomohon

Sertifikasi Guru Triwulan Tiga Segera Cair

Published

on

zonasulut.com

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kabar gembira bagi para guru di Kota Tomohon. Pasalnya, dana sertifikasi guru triwulan tiga dipastikan segera cair.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Tomohon Gerardus E Mogi menyatakan, dana sertifikasi untuk triwulan tiga tersebut sudah masuk ke rekening daerah.

“Jadi dana sertifikasi guru sudah masuk ke rekening daerah sejak akhir bulan September lalu,” ujar Mogi, Kamis (25/10/2018).

Menurut dia, untuk mencairkan dana tersebut, pihaknya tinggal menunggu pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) dari Dinas Pendidikan dan (Kebudayaan) Kota Tomohon.

Mogi menjelaskan, total dana sertifikasi guru triwulan tiga saat ini sebesar Rp8,5 miliar. Sementara, lanjut dia, untuk total dana tunjangan profesi guru di tahun 2018 ini sebesar Rp27.354.490.000.

“Hasil konfirmasi kami dengan dinas pendidikan, masih menunggu SK. Rencana penagihan pekan depan. Intinya, kami dari Badan Keuangan Daerah sudah siap mencairkan dana sertifikasi ini,” pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tomohon ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kota Tomohon Juliana Dolvien Karwur menegaskan, dana sertifikasi guru sudah siap untuk disalurkan.

Hanya saja, kata dia, pihaknya masih menunggu sebagian SK yang belum turun.

“Mungkin satu dua hari ini,” ungkap Karwur, Rabu (24/10).

Menurut Karwur, keterlambatan pembayaran sertifikasi guru triwulan tiga ini karena SK baru saja dikeluarkan oleh kementerian.

“Sebenarnya bukan terlambat di kami. Sertifikasi triwulan satu itu tunggu SK Menteri, triwulan dua tidak ada kendala karena SK-nya enam bulan. Nah, triwulan tiga itu SK baru yang baru keluar dari kementerian. Akan sangat lancar pada triwulan empat,” jelasnya.

Dia menegaskan, dana tunjangan profesi dari sekitar 800-an guru sertifikasi yang ada di Kota Tomohon pun akan segera disalurkan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

URC Totosik amankan pelaku penganiayaan di Kakaskasen

Published

on

Tim URC Totosik saat berada di TKP. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeristiwa penganiayaan kembali terjadi di Kota Tomohon, Minggu (13/10/2019) dini hari.

Pelakunya, JL alias Bless (39), warga Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara.

Sementara, korbannya lelaki Riano Paat (22), warga Lingkungan VI, Kelurahan Kakaskasen Dua.

Peristiwa penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Kalutay, Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen.

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Tomohon Utara. (Foto: Istimewa)

Tim URC Totosik Polres yang mendapat informasi adanya kejadian itu langsung menuju ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Komandan Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung menjelaskan, berdasarkan pengumpulan keterangan di TKP, peristiwa itu terjadi di sela-sela pesta pernikahan yang berlangsung di wilayah tersebut.

Menurut Watung, pelaku yang merupakan penyedia sewa sound system di perayaan pesta pernikahan, sekitar pukul 01.20 WITA, hendak mematikan sound system karena sudah larut.

“Pelaku ditegur salah satu pria yang sudah mabuk hingga terjadi adu mulut. Ketika terjadi adu mulut, datang korban yang bermaksud melerai. Tanpa sebab yang jelas pelaku langsung memukul wajah korban beberapa kali,” tutur Watung.

Akibatnya, kata Watung, korban mengalami pecah bibir dan hidung mengeluarkan darah.

“Pelaku sudah kami amankan ke Mapolsek Tomohon Utara,” ungkap Watung.

Sementara itu, Kapolres Tomohon AKBP Raswin B Sirait melalui Kapolsek Tomohon Utara AKP Ronny Rondonuwu membenarkan peristiwa tersebut.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com