bar-merah

Dunia Semakin Kurang Damai, Indonesia Peringkat 55 Dunia

zonautara.com
(Foto: Pexels.com/Porapak Apichodilok)

ZONAUTARA.com – Negara Islandia menempati urutan pertama sebagai negara yang paling damai di dunia. Ini berdasarkan laporan Global Peace Index 2018 (GPI) yang merilis tentang negara paling damai di dunia, yang dikompilasi oleh lembaga international untuk Ekonomi dan Perdamaian (Economics and Peace/IEP).

Daftar itu mencakup 163 negara dan menampung 99,7 persen dari populasi dunia. Islandia sudah menempati urutan pertama selama 11 tahun berturut-turut. Ini merupakan rekor bagi negara kecil itu.

Peringkat negara terdamai didasarkan pada 23 indikator yang dikelompokkan ke dalam tiga kriteria, yakni keselamatan dan keamanan sosial, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, serta tingkat militerisasi.

Laporan GPI 2018 itu menggambarkan hal yang serius, yakni perdamaian global telah menurun sebesar 0,27 persen dari tahun lalu. Hal ini terjadi keempat kalinya berturut-turut, yang membuat dunia menjadi kurang damai saat ini dibandingkan beberapa dekade terakhir.

zonautara.com
(Foto: Pexels.com/Porapak Apichodilok)

Kedamaian negara ini juga berkorelasi dengan kinerja yang kuat pada sejumlah variabel makroekonomi, antara lain suku bunga lebih rendah dan stabil, serta tingkat inflasi yang rendah. Investasi langsung asing dua kali lebih tinggi di negara-negara yang sangat damai.

Secara total, jika negara yang paling tidak damai telah tumbuh pada tingkat yang sama dengan negara yang sangat damai, ekonomi global akan menjadi hampir 14 triliun dollar AS lebih besar.

Dikutip dari Seasia, Jumat (26/10/2018) untuk wilayah Asia Tenggara, Singapura menempati urutan teratas, sementara Filipina di urutan terbawah. Indonesia sendiri berada di urutan ke-55 dunia dan ke-4 di Asia Tenggara.

Indonesia meningkat secara kapabilitas militer, dan cukup baik dalam menangani teror yang terjadi. Berikut adalah daftar negara paling aman di Asia Tenggara beserta skornya.

1. Singapura (1.382)
2. Malaysia (1.619)
3. Laos (1.821)
4. Indonesia (1.853)
5. Vietnam (1.905)
6. Kamboja (2.101)
7. Thailand (2.259)
8. Myanmar (2.302)
9. Filipina (2.512)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Kompas.com dengan judul “Singapura Negara Paling Damai di Asia Tenggara, Indonesia?” ¬†Dikutip dengan beberapa perubahan.

 

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com