Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Bawaslu Imbau Reses Jangan Berbau Kampanye

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan pengawasan tahapan kampenye Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Terkait pelanggaran-pelanggaran yang mereka temukan di lapangan, seperti Alat Peraga Kampanye (APK) yang disebar oleh para calon anggota legislatif (caleg), salah satu yang ditegaskan Bawaslu adalah pemanfaatan dana reses bagi anggota-anggota legislatif incumbent yang mencalonkan diri kembali.

“Dana reses tidak boleh digunakan untuk mengampanyekan diri dan jangan sampai ada kampanye terselubung dalam agenda reses. Karena itu pelanggaran menggunakan fasilitas negara,” kata Anggota Bawaslu Mustarin Humagi, di acara Media Gathering Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2019, Rabu (31/10/2018).

Sementara, Anggota Bawaslu Kenly Poluan meminta, KPU segera melakukan kebijakan pengadaan APK agar tidak terjadi pelanggaran lagi.

“Yang jadi keluhan APK adalah banyak parpol yang belum memasukan desain. Karena itu, KPU harusnya segera mengeluarkan kebijakan pengadaan APK,” ucap Kenly Poluan.

Dia berharap, kabupaten/kota untuk mengawasi APK di tempat-tempat yang dilarang, agar pengawasan di seluruh Provinsi Sulut bisa maksimal.

“Yang pasti Bawaslu Sulut akan ketat mengawasi, mulai dari APK hingga kampanye di sosial media dan media massa,” pungkas Poluan. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Politik dan Pemerintahan

Nasdem restui Vonnie Panambunan jadi calon Gubernur Sulut

Vonnie yakin akan menang.

Bagikan !

Published

on

Vonnie Panambunan. (Foto: Febri Kondongan)

ZONAUTARA.COM – Partai Nasdem merestui Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Utara dalam Pilkada Sulut mendatang.

Restu itu dalam bentuk surat rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat Partai Nasdem. Vonnie diberi kewenangan untuk mencari calon Wakil Gubernur sendiri yang dirasa cocok berpasangan dengannya.

Terkait dengan restu dan surat rekomendasi tersebut, Ketua DPW Nasdem Sulawesi Utara, Maximilan Jonas Lomban mengakui bahwa pihaknya juga sudah menerima surat rekomendasi tersebut, yang berisi penugasan untuk Vonnie maju sebagai bakal calon Gubernur Sulut.

“Informasi hingga saat ini, ada tiga nama yang sedang digodok di tingkatan DPP siapa yang akan mendampinginya. Keputusan ada di tangan kakak VAP (sebutan untuk Vonnie) dan DPP Nasdem,” ujar Lomban.

Lomban juga memberi instruksi kepada seluruh potensi Nasdem untuk bersatu pada mendukung calon yang mendapatkan dukungan dari DPP. Instruksi itu juga diikuti dengan deklarasi dan pernyataan sikap untuk memenangkan Vonnie.

“Saya ajak semua potensi yang ada untuk bersatu padu. Sebagai Ketua DPW, saya memberikan instruksi kepada seluruh tingkatan NasDem di Sulut untuk memenangkan VAP di Pilgub Sulut. Ini deklarasi kami atau pernyataan sikap untuk memenangkan VAP,” ujar Lomban.

Sementara itu Vonnie mengatakan dirinya sangat bersyukur kepada Tuhan karena dia dan cita-citanya telah terjawab.

“Saya yakin Nasdem menang,” ujar Vonnie.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com