bar-merah

54 Peserta CPNS Tomohon Lulus Tes CAT

TOMOHON, ZONAUTARA.com Sebanyak 54 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Tomohon lulus dalam Tes Computer Assisted Tes (CAT), yang digelar di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XI Manado, sejak Kamis hingga Minggu (8-11/11/2018). Dua di antaranya pun merupakan peserta kategori penyandang disabilitas.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu mengatakan, dari total 2.320 peserta yang lulus dalam seleksi administrasi, sebanyak 2.255 peserta telah menjalani tes CAT, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Kompentensi Dasar (TKD).

Adapun Passing Grade dari masing-masing tes, yakni TWK berjumlah 75, TIU berjumlah 80 dan TKP berjumlah 143.

Menurut dia, ada sebanyak 65 peserta yang tidak mengikuti tahapan tes CAT tersebut.

“Tes CAT ini sudah terlaksana dengan baik. Walaupun hasilnya sangat sedikit, tapi kami bersyukur yang lulus Passing Grade sebanyak 54 peserta. Dua di antaranya merupakan peserta disabilitas, yakni guru matematika SMP dan Auditor Inspektorat,” ujar Pontonuwu, di kantor BKPPD Tomohon, Senin (12/11/2018).

Dia menjelaskan, hasil tersebut pun telah dilaporkan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon. Pihaknya pun, kata Pontonuwu, akan menyiapkan usulan formasi untuk memenuhi formasi yang telah tersedia tersebut.

“Kita akan menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat, apakah nanti akan ada kebijakan yang akan diatur oleh pemerintah pusat. Tapi kami juga akan menyiapkan usulan. Usulan kami adalah kami akan mengupayakan formasi yang sudah tersedia itu terpenuhi,” jelasnya.

Alasannya, lanjut Pontonuwu, sudah dianggarkannya gaji dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, serta juga sudah dianggarkannya kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan atau latihan dasar (latsar).

Dia menambahkan, pihaknya pun masih akan melakukan identifikasi terhadap hasil CAT tersebut, untuk mengetahui di formasi mana saja para peserta yang lulus dalam tes tersebut.

Diketahui, sebanyak 253 formasi CPNS tersedia di Kota Tomohon. Ratusan formasi tersebut pun terdiri 36 tenaga guru, 167 tenaga kesehatan dan 50 tenaga teknis.

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com