bar-merah

Satu lagi perempuan Indonesia, pegang posisi strategis di PBB

zonautara.com
Pelantikan Ibu Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana sebagai Executive Secretary of the UNESCAP (Komisi bidang Sosial dan Ekonomi PBB untuk Kawasan Asia Pasifik) sejak Rabu, 7 November 2018 di New York bersama Sekretaris Jenderal PBB, Mr. Antonio Guterres. (Sumber: GNI)

ZONAUTARA.com – Dengan modal kombinasi kompetensi, konsistensi dan reputasi, satu lagi perempuan Indonesia membuktikan diri mampu memegang posisi strategis di badan dunia.

Dia adalah Armida Salsiah Alisjahbana, yang sejak September 2018 ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres untuk menempati posisi baru sebagai Sekretaris Eksekutif di Komisi Sosial dan Ekonomi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Kawasan Asia dan Pasifik (UNESCAP).

Armida merupakan mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Keberhasilan Armida melengkapi keberhasilan perempuan Indonesia lainnya seperti Sri Mulyani Indrawati (sebelumnya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia) dan Erna Witoelar (sebelumnya sebagai Duta Khusus MDGs PBB).

Mereka adalah contoh betapa perempuan Indonesia memiliki potensi kepemimpinan yang besar di dunia internasional.

Armida Alisjahbana adalah seorang Profesor di Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran, Bandung dan telah menjadi Direktur Sustainable Development Goals (SDGs) Center di universitas tersebut selama dua tahun.

Selain itu Armida juga pernah menjadi ketua untuk the Global Partnership for Effective Development Cooperation pada periode 2012-2014.

Armida bukanlah sosok yang baru dikenal di berbagai lembaga internasional. Telah banyak proyek penelitian dan konsultasi telah dirampungkannya seperti untuk United Nations University, World Bank, Asian Development Bank, ILO, AUSAID, European Commission, dan berbagai lembaga lainnya.

Salahsatu tugas utama Armida sebagai pejabat UNESCAP tentu mendukung pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di seluruh kawasan Asia dan Pasifik yang terdiri dari 62 negara dengan segala kompleksitasnya.

Tujuan pembangunan berkelanjutan terdiri dari atas 17 Tujuan utama yang meliputi hampir seluruh dimensi kehidupan di planet bumi.

Tugas tersebut sangatlah tidak mudah namun dukungan dari berbagai pihak baik di tingkat nasional dan bahkan internasional terus mengalir untuk kepemimpinan baru Armida ini.

Armida telah menjadi salahsatu contoh figur terbaik bagi para perempuan Indonesia untuk tetap optimis dan berkarya nyata meskipun berada di luar zona nyaman.

Masyarakat Indonesia bangga dan mendukung penuh kepemimpinan baru Ibu Armida Alisjahbana di UNESCAP.

Sumber: GoodNews From Indonesia
Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com