Kita butuh toilet saat ada “panggilan alam”

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
(http://www.un.org/en/events/toiletday/)



ZONAUTARA.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan setiap tangal 19 November dirayakan sebagai Hari Toilet Sedunia.

Untuk perayaan tahun ini, badan dunia itu menetapkan tema, “When nature calls, we need a toilet”.

Perayaan ini mengadopsi apa yang telah dirintis oleh World Toilet Organizaiton pada 2001. Itu bermula dari Singapura.

Adopsi PBB kemudian memasukkan urusan jamban (toilet) menjadi bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goal.

Toilet yang menjadi tempat pembuangan tinja manusia adalah potret sanitasi rumah tangga.

Dari olah data Beritagar.id, 91,13% rumah tangga di provinsi DKI Jakarta memiliki akses ke sanitasi yang layak. Itu menempatkan Jakarta di urutan pertama dari 34 provinsi.

Berurutan kebawah adalah Bali (90,51%), DI Yogyakarta (89,40%), Kepulauan Riau (86,33%) dan Kepulauan Bangka Belitung (83,56%).

Sementara yang paling bawah adalah Papua (33,06%) lalu diatasnya ada Bengkulu (42,71%), Nusa Tenggara Timur (45,31%), Kalimantan Tengah (45,46%) dan Sumatera Barat (52,77%).

Untuk urusan sanitasi kloset yang layak adalah yang model leher angsa dan yang model plensengan.

Plensengan adalah model kakus yang bagian bawah dudukannya terdapat saluran rata yang dimiringkan ke pembuangan kotoran.

Selain itu tempat pembuangan akhir tinja harus menggunakan tangki septik atau sistem pengolahan air limbah.

Menurut catatan PBB, saat ini terdapat 4,5 miliar penduduk bumi yang hidup tanpa toilet yang aman dan ada 892 juta orang yang masih mempraktikan buang air besar sembarangan.

Tidak adanya akses ke jamban dan kebiasaan buang air sembarangan akan berdampak pada kesehatan masyarakat, kondisi hidup dan kerja, nutrisi,pendidikan dan produktivitas ekonomi.

SDG 6 bertujuan untuk memastikan setiap orang mempunyai akses ke toilet yang aman dan tidak lagi buang air besar sembarangan pada tahun 2030.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com