Connect with us

ZONA TERKINI

AJI rintis kursus jurnalisme data online

Published

on

zonautara.com

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Tuntutan akan praktik jurnalistik berbasis data kini semakin tinggi, seiring dengan kebutuhan pembaca yang menginginkan berita tak sekedar menyajikan laporan pandangan mata.

Melihat tren itu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kini sedang mempersiapkan pembelajaran online mengenai jurnalisme data.

Selama tiga hari, sebanyak 16 jurnalis diundang ke Jakarta untuk mengikuti Training of Training Data Journalism Online Course.

Para peserta yang datang dari berbagai daerah itu, nantinya akan dipersiapkan menjadi trainer untuk platform yang sedang disiapkan oleh AJI yang bekerjasama dengan USAID CEGAH.

“Platform ini nantinya akan menyediakan berbagai modul pembelajaran tentang jurnalisme data, yang dapat diakses secara online,” ujar Yekthi Hesthi Murthi yang mengkoordinir operasional platform tersebut, Minggu (25/11/2018) kemarin.

Peserta yanghtelag mengikuti pelatihan di Sekretariat AJI Indonesia pada tanggal 23 hingga 25 November itu, diharapkan juga bisa memproduksi modul-modul yang berkaitan dengan jurnalisme data.

“Dengan sistem kursus online ini, diharapkan semakin banyak jurnalis yang bisa dijangkau untuk memahami jurnalisme data,” tambah Hesthi.

Hesthi juga menjelaskan bahwa paltform ini nanti tidak hanya untuk jurnalis dan anggota AJI, tetapi bisa diakses oleh masyarakat umum yang meminati tentang jurnalisme data dan investigasi.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bencana dan Musibah

Hingga Jumat, guguran lava terus terjadi dari kawah Karangetang

Hingga kini warga masih beraktifitas seperti biasanya.

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Guguran lava masih terus meluncur dari kawah gunung api Karangetang di pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat jarak luncuran lava sejauh 1.000 sampai 1.500 meter pada Jumat (16/8/2019).

Guguran lava itu mengarah ke sungai Sense dan ke sungai Nanitu serta sungai Pangi lebih kurang 1.000 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang di Siau juga mengamati munculnya sinar api setinggi lebih kurang 25 meter.

Dua kawah Gunung Karangetang juga mengeluarkan asap. Asap bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 150 meter di atas puncak kawah utama.

Dari kawah dua, muncul asap dua putih tipis tinggi lebih kurang 50 meter. Tingkat aktivitas Gunung Karangetang masih pada level III atau siaga.

Petugas Pos Pengamatan Gunung api Karangetang, Didi Wahyudi P Bina meminta, warga dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekat, juga tidak melakukan pendakian serta beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua dan kawah utama. Serta area perluasan sektoral dari kawah dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 kilometer, yaitu wilayah yang berada di antara Sungai Batuare dan Sungai Saboang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com