Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA TERKINI

AJI rintis kursus jurnalisme data online

Published

on

zonautara.com

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Tuntutan akan praktik jurnalistik berbasis data kini semakin tinggi, seiring dengan kebutuhan pembaca yang menginginkan berita tak sekedar menyajikan laporan pandangan mata.

Melihat tren itu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kini sedang mempersiapkan pembelajaran online mengenai jurnalisme data.

Selama tiga hari, sebanyak 16 jurnalis diundang ke Jakarta untuk mengikuti Training of Training Data Journalism Online Course.

Para peserta yang datang dari berbagai daerah itu, nantinya akan dipersiapkan menjadi trainer untuk platform yang sedang disiapkan oleh AJI yang bekerjasama dengan USAID CEGAH.

“Platform ini nantinya akan menyediakan berbagai modul pembelajaran tentang jurnalisme data, yang dapat diakses secara online,” ujar Yekthi Hesthi Murthi yang mengkoordinir operasional platform tersebut, Minggu (25/11/2018) kemarin.

Peserta yanghtelag mengikuti pelatihan di Sekretariat AJI Indonesia pada tanggal 23 hingga 25 November itu, diharapkan juga bisa memproduksi modul-modul yang berkaitan dengan jurnalisme data.

“Dengan sistem kursus online ini, diharapkan semakin banyak jurnalis yang bisa dijangkau untuk memahami jurnalisme data,” tambah Hesthi.

Hesthi juga menjelaskan bahwa paltform ini nanti tidak hanya untuk jurnalis dan anggota AJI, tetapi bisa diakses oleh masyarakat umum yang meminati tentang jurnalisme data dan investigasi.

Editor: Ronny Adolof Buol

ZONA DAERAH

Siaga Lebaran, Basarnas siagakan KN Bima Sena 228

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com Kantor SAR Manado melaksanakan Siaga Khusus dalam pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2019 ini.

Berbagai peralatan dan fasilitas milik Basarnas pun disiagakan guna terwujudnya pelayanan pencarian dan pertolongan atau SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk masyarakat, serta membantu unsur-unsur terkait.

Salah satunya, KN Bima Sena 228 bersama 19 personel anak buah kapal yang telah disiagakan untuk melakukan Siaga Lebaran.

Pengecekan peralatan, perahu karet, rescue boat 405, hingga pengisian tabung oksigen untuk selam pun telah dilakukan para personel Basarnas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor SAR Manado Gede Darmada.

Di mengatakan, pihaknya telah siap dalam melaksanakan Siaga Lebaran.

“Sejumlah peralatan utama (alut) yang dimiliki Basarnas baik darat dan laut telah disiapkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ujarnya, Kamis (24/5/2019).

Dia menegaskan, seluruh personrl akan siaga mulai 28 Mei hingga 13 Juni mendatang di wilayah-wilayah strategis.

“Mulai dari pelabuhan, bandara, serta tempat-tempat wisata yang biasanya ramai saat libur lebaran,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending