AJI rintis kursus jurnalisme data online

zonautara.com

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Tuntutan akan praktik jurnalistik berbasis data kini semakin tinggi, seiring dengan kebutuhan pembaca yang menginginkan berita tak sekedar menyajikan laporan pandangan mata.

Melihat tren itu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kini sedang mempersiapkan pembelajaran online mengenai jurnalisme data.

Selama tiga hari, sebanyak 16 jurnalis diundang ke Jakarta untuk mengikuti Training of Training Data Journalism Online Course.

Para peserta yang datang dari berbagai daerah itu, nantinya akan dipersiapkan menjadi trainer untuk platform yang sedang disiapkan oleh AJI yang bekerjasama dengan USAID CEGAH.

“Platform ini nantinya akan menyediakan berbagai modul pembelajaran tentang jurnalisme data, yang dapat diakses secara online,” ujar Yekthi Hesthi Murthi yang mengkoordinir operasional platform tersebut, Minggu (25/11/2018) kemarin.

Peserta yanghtelag mengikuti pelatihan di Sekretariat AJI Indonesia pada tanggal 23 hingga 25 November itu, diharapkan juga bisa memproduksi modul-modul yang berkaitan dengan jurnalisme data.

“Dengan sistem kursus online ini, diharapkan semakin banyak jurnalis yang bisa dijangkau untuk memahami jurnalisme data,” tambah Hesthi.

Hesthi juga menjelaskan bahwa paltform ini nanti tidak hanya untuk jurnalis dan anggota AJI, tetapi bisa diakses oleh masyarakat umum yang meminati tentang jurnalisme data dan investigasi.

Editor: Ronny Adolof Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.