Connect with us

PRESS REVIEW

Bawang putih masih impor, pemerintah target swasembada 2021

Beberapa wilayah Indonesia memiliki lahan yang cocok ditanami bawang putih, tapi hingga 2018 Indonesia masih impor bawang putih.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Hingga saat ini kebutuhan bawang putih di Indonesia masih dibantu impor. Padahal lahan di di beberapa wilayah ideal untuk ditanami salah komoditas pangan penting bagi masyarakat Indonesia ini.

Data Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat konsumsi bawang putih masyarakat pada 2016 mencapai 465,1 ribu ton sementara produksi hanya sekitar 21,15 ton sehinga terjadi defisit 443,95 ribu ton.
Pada 2017, konsumsi bawang putih diperkirakan mencapai 482,19 ribu ton sedangkan produksi hanya 20,46 ribu ton sehingga terjadi defisit 461,74 ribu ton.

Grafik di bawah ini menunjukkan kebutuhan bawang putih terus meningkat sementara produksi justru menyusut membuat defisit semakin melebar.

Untuk menutup defisit itu Kementan menargetkan akan swasembada bawang putih pada tahun 2021 nanti. Dirjen Hortikultura Kementan Suwandi mengatakan, bawang putih hingga akhir tahun ini ditargetkan bisa ditanam sekitar 10,6 ribu hektare (ha). Dan seluruh hasilnya akan dijadikan benih untuk musim tanam 2019 nanti seluas 40 ribu ha.

“Tahun 2020 kami akan tanam besar-besaran bawang putih hingga puncaknya 2021 nanti kita akan tutup kran impor secara signifikan,” kata Suwandi melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (17/12) kemarin sebagaimana dikutip dari fin.co.id.

Kementan menurutnya telah mampu membuat sentra-sentra baru penghasil bawang putih, seperti di Kabupaten Banyuwangi. Pada Maret 2018, ratusan hektaer lahan yang tidak produktif di lereng Gunung Ijen telah mampu panen bawang putih.

Selain Banyuwangi Kementan juga sudah melakukan pemetaan dan menyiapkan daerah-daerah yang cocok untuk pengembangan bawang putih di Indonesia.

Sentra tersebut yakni di Pulau Sumatera meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Benermeriah, Aceh Tenggara, Karo, Tapanuli Utara, Kerinci, Solok, Tanah Datar, Muara Enim, OKU Selatan, Pagaralam dan Lampung Barat.

Sementara di Pulau Jawa meliputi Kabupaten Bandung, Garut, Tegal, Majalengka, Magelang, Temanggug, Wonogiri, Banjarnegara, Magetan, Karanganyar, Mojokerto, Malang dan Batu. Pulau Sulawesi meliputi Minahasa Selatan, Bolmong, Sigi, Parimo, Poso, Banggai, Gowa, Sinjai, Enrekang dan Tator.

Nusa Tenggara meliputi Tabanan, Bangli, Buleleng, Karangasem, Lombok Timur, Bima, Belu, TTS, TTU, Kupang dan Ende. Wilayah Maluku dan Papua meliputi Pulau Buru, Maluku Tengah, Rajaampat, Manokwari, Lanijay, Jayawijaya dan Paniai.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Advertisement
4 Comments

4 Comments

  1. Pingback: หางานชัยภูมิ

  2. Pingback: vao fun88

  3. Pingback: nha cai uy tin fun88

  4. Pingback: aircraft vinyl graphics

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PRESS REVIEW

Sebuah pesawat jenis cessna milik MAF jatuh di Danau Sentani

Pesawat jatuh pada Selasa (12/5) pagi.

Bagikan !

Published

on

Potongan pesawat cessna milik MAF yang jatuh di Danau Sentani. (Foto: istimewa)

ZONAUTARA.COM – Sebuah pesawat berjenis cessna milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (12/5/2020) sekitar pukul 06.27 WIT.

Pesawat cargo dengan nomor register PK-MEC itu dalam penerbangan dari Sentani menuju Mamit, Kabupaten Tolikara guna membawa logistik.

Pilot pesawat bernama Joice Lin ditemukan oleh Tim SAR dalam kondisi meninggal dunia pada kedalaman sekitar 13 meter.

“Saya sudah menerima laporan bahwa pilot pesawat MAF, Joice Lin, ditemukan meninggal dunia oleh Tim SAR,” ujar Perwakilan KNKT Papua, Norbert Tunyanan, kepada wartawan, Selasa (12/5/2020), dikutip dari detik.com.

Saat ditemukan jenazah Joice Lin masih berada di dalam kokpit pesawat. Menurut keterangan Tunyunan, Lin sempat mengirim isyarat sinyal sedang dalam bahaya melalui frekuensi radio.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Makboan membenarkan peristiwa kecelakaan pesawat tersebut.

Polisi hingga kini masih menyisir lokasi jatuhnya pesawat itu. Belum diketahui apa penyebab jatuhnya pesawat itu.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com